Penerapan Penggerakan dalam Pendayagunaan Zakat Produktif Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Payakumbuh

Akbar Rhozak, Muhammad (2023) Penerapan Penggerakan dalam Pendayagunaan Zakat Produktif Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Uin Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Skripsi Muhammad Rhozak Akbar Full Text Staff Only)
Skripsi Muhammad Rhozak Akbar Full Text Staff Only.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Pengesahan, Persetujuan pembimbing, Kata pengantar, Daftar isi.pdf

Download (785kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB IV - Daftar Pustaka)
BAB IV - Daftar Pustaka.pdf

Download (558kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ Penerapan Penggerakan dalam Pendayagunaan Zakat Produktif pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Payakumbuh“ yang disusun oleh Muhammad Rhozak Akbar NIM 1612030036 Mahasiswa Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan penggerakan dalam pendayagunaan zakat produktif mulai dari pemberian motivasi, pembimbingan, penjalinan hubungan, dan penyelenggaraan komunikasi yang terjadi diadalam lingkungan Badan Amil Zakat Nasional Kota Payakumbuh. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif. Metode kualitatif metode yang digunakan untuk meneliti kondisi objek yang alamiah, di mana peneliti sebagai instrument kecil, teknik pengumpulan data dilakukan dengan secara gabungan, analisis data dilakukan secara gabunga, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekan makna dari generalisasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa BAZNAS Kota Payakumbuh telah mengimplementasikan berbagai program zakat produktif dengan melibatkan masyarakat secara efektif. Penggerakan ini mencakup pelatihan keterampilan, pendampingan usaha, dan pengawasan terhadap pengunaan zakat oleh mustahiq. Penerapan penggerakan yang ada di Badan Amil Zakat Nasional secara umum sudah dilakukan dengan baik, mulai dari pemberian motivasi sampai kepada penyelenggaraan komunikasi. Pengembangan usaha ekonomi mustahiq sudah dilakukan dengan baik melalui pemberian motivasi, arahan, serta pelatihan-pelatihan yang telah dilakukan oleh pengurus Baznas sudah dilakukan dengan sangat baik, sehingga dalam mengelola, mendistribusikan, dan pendayagunaan dari zakat tersebut berjalan dengan baik dan zakat yang diberikan menjadi tepat guna. Tetapi masih terdapat beberapa kendala dalam penerapan penggerakan, seperti minimnya partisipasi masyarakat dan kurangnya monitoring terhadap kesuksesan program. Pelaksana zakat terkhusus pada bagian survey terhadap orang yang berhak menerima zakat tidak melakukan survey ke beberapa daerah yang ada di Payakumbuh sehingga tidak adanya pemerataan dalam pembagian dana zakat produktif ke elemen masyarakat di akibatkan pada uang jalan yang tidak diberikan oleh pimpinan sehinggan untuk melakukan survey para tim mengeluarkan uang pribadinya dalam melakukan survey.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggerakan, Pendayagunaan, Zakat Produktif, BAZNAS Kota Payakumbuh, Motivasi, Koordinasi, Arahan, Pelatihan
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:57
Last Modified: 12 Oct 2023 02:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

View Item View Item