Azmi, Muhammad Zul (2023) Pengalaman Komunikasi Tim Nightrun Gang (NRG) dalam Membangun Sponsorship pada Event Balap Mobil. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text (Cover, Keaslian, Persetujuan, Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi - Muhammad Zul Azmi 1912010056)
Cover, Keaslian, Persetujuan, Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar - Muhammad Zul Azmi.pdf - Published Version Download (722kB) |
|
Text (BAB I - Muhammad Zul Azmi 1912010056)
BAB I - Muhammad Zul Azmi 1912010056.docx.pdf - Published Version Download (278kB) |
|
Text (BAB III - Muhammad Zul Azmi 1912010056)
BAB III - Muhammad Zul Azmi 1912010056.docx.pdf - Published Version Download (127kB) |
|
Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA - Muhammad Zul Azmi 1912010056)
BAB V dan DAFTAR PUSTAKA - Muhammad Zul Azmi 1912010056.docx.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
Text (FULL TEXT - Muhammad Zul Azmi 1912010056)
Fulltext-Muhammad Zul Azmi 1912010056 - Salin.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Muhammad Zul Azmi NIM: 1912010056 Judul Skripsi: Pengalaman Komunikasi Tim Nightrun Gang (NRG) dalam Membangun Sponsorship pada Event Balap Mobil. Skripsi ini merupakan tugas akhir mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Kerjasama sponsorship antara Tim NRG dengan para sponsor selama ini tidak terjadi secara berkesinambungan yang membuat keberhasilan agenda promosi tidak terukur. Hal ini membutuhkan tenaga lebih untuk membangun ulang komunikasi dengan para sponsor yang baru lagi agar sponsor tetap ada pada setiap event balap mobil yang diikuti Tim NRG. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengungkap pengalaman tim NRG dalam membangun sponsorship pada event balap mobil. Pertanyaan penelitian dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimana tindakan komunikasi tim NRG dalam membangun sponsorship pada event balap mobil?” Penelitian ini bertujuan untuk memahami tindakan komunikasi tim NRG dan konsep sponsorship yang mereka bangun. Peristiwa sponsorship yang terjadi dalam organisasi Tim NRG merupakan suatu peristiwa yang sangat kompleks. Kedalaman peristiwa tersebut dapat dikaji secara sederhana melalui penelitian komunikasi. Sisi unik dari peristiwa tersebut adalah pengalaman komunikasi Tim NRG dalam upaya mencari sponsor, karena hal ini bersentuhan langsung dengan asumsi peneliti yang mengatakan bahwa komunikasi yang terjadi tidak efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pemilihan informan dilakukan melalui purposive sampling, sehingga empat orang anggota tim NRG yang secara langsung terlibat dalam membangun sponsorship dijadikan sebagai informan. Penelitian ini menemukan hasil bahwa masing-masing anggota tim memiliki peran masing-masing dalam membangun sponsorship. Ketua tim mengambil peran koordinasi, pembalap bertanggung jawab untuk memperoleh kemenangan, crew melakukan dokumentasi, dan mekanik melakukan perbaikan mobil ditempat yang terlihat orang khalayak, semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab sponsorship. Konsep sponsorship yang terbangun antara tim NRG dengan para sponsor adalah pertukaran. Tim NRG memberikan ruang promosi dan akses khalayak, sementara itu para sponsor memberikan dukungan berupa uang, barang, dan berbagai fasilitas yang dimiliki oleh para sponsor.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Sponsorship, Balap Mobil |
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 00:18 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 00:18 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17271 |
Actions (login required)
View Item |