ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE VIDEO LAUNCHING PADANG BERGORO " GOTONG ROYONG WARGA KOTA PADANG” DALAM YOUTUBE DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA PADANG

Fazrian, Luthfi Mohammad (2023) ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE VIDEO LAUNCHING PADANG BERGORO " GOTONG ROYONG WARGA KOTA PADANG” DALAM YOUTUBE DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
COVER - DAFTAR ISI LUTHFI.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB I)
WATERMARK LUTHFI BAB 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
WATERMARK LUTHFI BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
WATERMARK LUTHFI BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI LUTHFI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Video Launching Padang Bergoro " Gotong Royong Warga Kota Padang” Dalam Youtube Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang”, disusun oleh Mohammad Luthfi Fazrian, NIM: 1712010142, mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (UIN) Imam Bonjol Padang, tahun 2023. Penulisan skripsi ini dilator belakangi oleh masalah perkembangan komunikasi informasi dan teknologi melalui media massa salah satunya media sosial YouTube. Peneliti mengambil salah satu channel YouTube dengan metode analisis semiotika milik Ferdinand de Saussure, yaitu milik dinas lingkungan hidup Kota Padang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis semiotika dari video Launching Padang Bergoro " Gotong Royong Warga Kota Padang, untuk mengetahui penanda (Signifier) petanda (Signified) Launching Padang Bergoro " Gotong Royong Warga Kota Padang dalam channel YouTube dinas lingkungan hidup Kota Padang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis semiotika milik Ferdinand de Sausure Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian yang penulis temukan yaitu upaya bergoro di Kota Padang yang disertai oleh DLH , BNPB, PU, Salpol PP, jajaran kandidat dari Kecamatan di Kota Padang, komunitas terkait, serta warga Kota Padang yang terlibat di dalamnya dalam melakukan kegiatan bergoro di Kota Padang. Melalui youtube masyarakat kota Padang diharapkan untuk memiliki kesadaran dan bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan di daerahnya masing-masing. Penanda (Signifier) yang di tampilkan menunjukan menunjukan kegiatan kebersihan dari seluruh aspek masyarakat serta Walikota Padang sendiri yang membuka dan memimpin dalam pelaksanaan kegiatan bergoro,. Petanda (Signified) yang terkandung dari video yang di teliti yaitu gerakan dari seluruh orang yang terlibat, warna, serta situasi yang terjadi pada orang-orang dalam penampilan video. Pencitraan seorang, Bapak Hendri Septa, menampilkan sebuah citra yang baik di mata masyarakat, memiliki karakter layaknya seorang pemimpin yang baik untuk masyarakat. Kegiatan yang di lakukan dari Bapak Hendri Septa sendiri merupakan tugas yang sedang di jalankan oleh sebagai Walikota Padang. Seorang pemimpin yang baik, serta mengayomi seluruh kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Padang Bergoro, Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang
Subjects:
U Umum (General) > Karya Umum > Kehidupan Intelektual
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:47
Last Modified: 12 Oct 2023 07:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17269

Actions (login required)

View Item View Item