PEMBELAJARAN TAHFIZH MENGGUNAKAN METODE MURAJA’AH PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 PESISIR SELATAN

Halul Aribah, Hadina Ibni (2023) PEMBELAJARAN TAHFIZH MENGGUNAKAN METODE MURAJA’AH PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover s/d Daftar Isi)
Hadina ibni Halul_1914010016_Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5 dan Daftar Pustaka)
BAB V- DFTR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Full)
FULL SKRIPSI-1.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul " Pembelajaran Tahfizh Menggunakan Metode Muraja’ah Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Peserta Didik Kelas VII MTsN 1 Pesisir Selatan." disusun oleh Hadina Ibni Halul Aribah NIM: 1914010016, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah banyak peserta didik yang kurang semangat dalam menghafal sehingga peserta didik sulit menjaga hafalan, seperti peserta didik yang kesulitan menghafal ayat Al-qur’an yang jumlah ayatnya panjang, dan juga dikarenakan oleh beberapa faktor penghambat di dalam pembelajaran tahfizh, hal ini yang menyebabkan peserta didik malas menghafal ayat yang baru dan memuraja’ah hafalan ayat sebelumnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan faktor penghambat dalam pembelajaran tahfizh Al-qur'an menggunakan metode Sima’i dalam menghafal dan metode Muroja’ah dalam menjaga hafalan pada kegiatan ekstrakurikuler peserta didik kelas VII di MTsN 1 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif artinya data yang dikumpulkan berupa wawancara, catatan lapangan, gambar- gambar. Untuk memperoleh data yang akurat, maka peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian yang digunakan penulis adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah; Pertama, perencanaan pembelajaran tahfiz Al-qur'an, yang mana kegiatan dalam perencanaan pembelajaran tahfizh Al-qur’an ini guru pembimbing dan peserta didik melakukan beberapa persiapan seperti menyiapkan media, sumber belajar dan sarana prasarana, kemudian peserta mempersiapkan diri untuk menghafal hafalan baru dengan metode sima’i dan memuraja’ah hafalan sebelumnya. Kedua, pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al-qur'an, adapun sebelum dimulai kegiatan muraja’ah guru pembimbing menginstruksikan hafalan baru kepada peserta didik dengan metode sima’i, kemudian guru pembimbing memberikan batasan waktu kepada peserta didik untuk menghafal, Ketiga, faktor penghambatnya adalah disebebkan pembelajaran yang dilaksanakan peserta didik pada pembelajaran wajib yang sangat padat, dan waktu pembelajaran yang rawan, serta disebabkan oleh faktor sarana dan prasana dalam pembelajaran tahfizh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Faktor Penghambat Pembelajaran Tahfizh MTsN 1 Peisir Selatan.
Subjects: U Umum (General) > Agama > Agama Islam
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:59
Last Modified: 30 Jan 2024 08:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17237

Actions (login required)

View Item View Item