Pengaruh Kesadaran Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Faturrahman, Eki (2023) Pengaruh Kesadaran Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (TESIS FULLTEXT)
TESIS FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kesadaran diri dan kemandirian belajar merupakan faktor yang sangat penting bagi peserta didik, hal itu karena kesadaran diri dan kemandirian belajar merupakan modal bagi peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan dan pendidikan. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan kemandirian membuat peserta didik memiliki motivasi dan semangat yang tinggi dalam belajar. Namun, kesadaran dan kemandirian peserta didik menurun. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya minat dan motivasi peserta didik dalam belajar. Jadi, kesadaran diri dan kemandirian belajar yang tinggi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kesadaran diri terhadap hasil belajar, 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar, 3) pengaruh kesadaran diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang berjumlah 484 peserta didik, dengan sampel sebanyak 121 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kesadaran diri terhadap hasil belajar sebesar 3,8%, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 4,1%, 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kesadaran diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 3,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Diri, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Motivasi Belajar, Dorongan Belajar, Motivasi Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:35
Last Modified: 13 Oct 2023 06:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17217

Actions (login required)

View Item View Item