PERAN KONSELOR MENINGKATKAN KESADARAN DIRI KLIEN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI YAYASAN AL-IKHWAN SUCI HATI PANTI REHABILITASI SOSIAL NARKOBA SAHABAT SUCI HATI

Rahma, Yeni (2023) PERAN KONSELOR MENINGKATKAN KESADARAN DIRI KLIEN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI YAYASAN AL-IKHWAN SUCI HATI PANTI REHABILITASI SOSIAL NARKOBA SAHABAT SUCI HATI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Halaman Persembahan-Surat Pernyataan Keaslian-Persetujuan Pembimbing-Pengesahan Tim Penguji-Abstrak-Kata Pengantar-Daftar Isi)
COVER-RAHMA YENI-1912020006.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I-RAHMA YENI-1912020006)
BAB I-RAHMA YENI-1912020006.pdf - Published Version

Download (723kB)
[img] Text (BABIII-RAHMA YENI-1912020006)
BAB III-RAHMA YENI-1912020006.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA-RAHMA YENI-1912020006)
BAB V-Rahma Yeni-1912020006.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (FULL TEXT-SKRIPSI-RAHMA YENI-1912020006)
FULL TEXT-SKRIPSI-RAHMA YENI-1912020006.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak fenomena kriminalitas yang berkembang pesat melalui media, baik media masa, maupun media elektronik. Melalui media tersebut, kriminalitas yang terjadi di suatu daerah dengan cepat menyebar ke seluruh pelosok Indonesia. Salah satu kejahatan kriminalitas yang pernah marak adalah penangkapan pengedar, penjual serta penyalahgunaan narkotika. Salah satu upaya penanganan masalah NAPZA adalah melalui program rehabilitasi sosial korban dan pecandu NAPZA. Kesadaran diri sangat penting dimiliki bagi pengguna narkoba agar pengguna dapat melihat baik dan buruk dari penggunaan narkoba dan memiliki dorongan untuk berhenti dan pulih dari bahaya narkoba. Sebagaimana di Panti Rehabilitasi Sosial Sahabat suci hati bahwa konselornya menceritakan bahwa pernah ada klien yang direhabilitasi melakukan pelanggaran dengan cara melarikan diri dari panti rehabilitasi tersebut. Hal ini terjadi karena klien merasa tidak nyaman, merasa dikekang dan belum memiliki kesadaran atau berkeinginan untuk sembuh. Oleh karena itu peran konselor sangat berpengaruh dalam kesuksesan dalam meningkatkan kesadaran diri klien terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini merupakan penilitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah konselor dan klien. Teknik penentuan subjek yaitu dengan purposive sampling, diperoleh sebanyak 3 informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara. Temuan penelitian adalah: (1) Peran konselor dalam upaya menyadarkan diri klien secara emosional dengan memberikan edukasi berupa penerimaan diri supaya klien sadar akan emosinya, sadar bahwa dirinya sedang sakit dan butuh penyembuhan dengan melakukan rehab. Peran konselor juga memberikan kenyamanan kepada klien supaya klien merasa nyaman. (2) Peran konselor agar klien memiliki penilaian diri yang akurat dengan mengajak klien supaya introspeksi diri dan mau belajar dari pengalaman, hal ini akan membuat klien menjadi pribadi yang mau terus belajar, bisa menerima umpan balik dan mengembangkan diri. (3) Peran konselor agar klien memiliki kepercayaan diri seperti memberikan kepercayaan berupa tanggung jawab dengan menyuruh klien melakukan sesuatu, hal tersebut dapat membuat klien merasa dirinya bisa dipercaya oleh orang lain dan merasa dihargai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konselor, Penyadaran
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:36
Last Modified: 13 Oct 2023 07:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17185

Actions (login required)

View Item View Item