Sikap Orangtua terhadap Remaja yang Putus Sekolah di Kampung Malayu Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Alexander, Alexander (2023) Sikap Orangtua terhadap Remaja yang Putus Sekolah di Kampung Malayu Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Alexander_1812020067_Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi..pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB I)
Alexander_1812020067_BAB I.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (BAB III)
Alexander_1812020067_BAB III.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Alexander_1812020067_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (516kB)
[img] Text (Fulltext.)
Alexander_1812020067_Fulltext...pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Alexander, NIM. 1812020067. “Sikap Orang Tua Terhadap Remaja yang Putus Sekolah di Kampung Malayu Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam”. Padang, Bimbingan Konseling Islam (BKI), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2023. Penelitian ini didasari dengan adanya kasus yang terjadi di Kampung Malayu, dengan permasalahan banyaknya remaja yang putus sekolah yang terjadi karena beberapa faktor yang menyebabkannya. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya angka putus sekolah yang terjadi di Kecamatan Lubuk Basung. Yang dijadikan rumusan masalah dan batasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap orang tua terhadap remaja yang putus sekolah dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap orangtua dilihat dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif. Jenis penelitian ini menggunakan field research (penelitian lapangan). Metode penelitian yang digunakan dlah metode kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif, yang dijadikan sumber data adalah 7 orang orang tua. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1) Sikap orangtua dari aspek kognitif terhadap remaja yang putus sekolah yaitu dengan memberikan pemahaman dan menerapkan beberapa sanksi kepadanya serta memberikan bimbingan dan nasehat kepada anaknya. Masalah yang ditemukan adalah pergaulan bebas, broken home, dan ekonomi sehingga anak banyak yang putus sekolah 2) sikap orangtua dari aspek afektif terhadap remaja yang putus sekolah yaitu dengan memberikan semangat dan motivasi dengan cara orangtua mensupport anaknya agar dapat menimbulkan rasa percaya diri dan disiplin seorang anak agar tetap ada, masalah yang sering muncul adalah tidak adanya rasa percy diri terhadap anak yang putus sekolah dan menjadikan anak cenderung bersikap tidak baik. 3) sikap orangtua dari segi konatif terhadap remaja yang putus sekolah yaitu dengan tindakan, seperti mengusir anaknya yang sudah meresahkan karena anak yang putus sekolah memiliki berbagai sikap yang tidak baik untuk dicontohkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap, Remaja, Putus Sekolah
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:50
Last Modified: 12 Oct 2023 04:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17170

Actions (login required)

View Item View Item