Pengaruh pajak Hotel, Pajak Reklame, dan Pajak Hiburan Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Pada Pemerintah Kota Gorontalo Tahun 2019-2022

Duri, Affika (2023) Pengaruh pajak Hotel, Pajak Reklame, dan Pajak Hiburan Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Pada Pemerintah Kota Gorontalo Tahun 2019-2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, ABSTRAK, PENGESAHAN)
Cover, Abstrak, Pengesahan Affika.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
Bab 1 Affika.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3 Affika.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (BAB 5 dan Daftar Pustaka)
Bab 5 & Daftar Pustaka Affika.pdf - Published Version

Download (841kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Full Affika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah penerimaaan PAD di Kota Gorontalo tahun 2019-2022 antara target dan realisasi jumlahnya berbeda dan mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Terdapat faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya target Penerimaan PAD, salah satunya yaitu kurangnya kesadaran masyarakat atau wajib pajak dalam membayarkan kewajiban pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak hotel, pajak reklame, dan pajak hiburan terhadap penerimaan pajak daerah pada pemerintah kota gorontalo tahun 2019-2022. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua data realisasi penerimaan pajak daerah khususnya pada pajak hotel, pajak reklame, dan pajak hiburan kota gorontalo tahun 2019-2022. Sampel dalam penelitian ini adalah semua data realisasi pajak daerah khususnya pada pajak hotel, pajak reklame, dan pajak hiburan kota gorontalo periode tahun 2019-2022 yang berjumlah 48 sampel, dari bulan Januari 2019-Desember 2022. Data diolah menggunakan Eviews Versi 10. Metode statistik uji kualitas data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), uji regresi time series, uji hipotesis (uji statistik t atau parsial, uji statistik F atau simultan, dan koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pajak hotel berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak daerah, (2) Pajak reklame tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak daerah, (3) Pajak hiburan tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak daerah, dan (4) Pajak hotel, pajak reklame dan pajak hiburan secara bersama-sama berpengaruh terhadap penerimaan pajak daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pajak hotel, Pajak Reklame, Pajak Hiburan, Pajak Daerah.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:21
Last Modified: 12 Oct 2023 03:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17150

Actions (login required)

View Item View Item