Hubungan Loneliness dengan Psychological Well-being pada Remaja di Panti Asuhan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Falah

Arsyada, Azzahara (2023) Hubungan Loneliness dengan Psychological Well-being pada Remaja di Panti Asuhan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Falah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Azzahara Arsyada.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada remaja panti asuhan. Remaja panti asuhan dalam menjalani kehidupan sehari-hari mendapatkan perkembangan yang berbeda dengan remaja pada umunya. Kehidupan di panti asuhan sering membuat remaja memiliki perasaan ditolak yang tidak sama dengan tinggal bersama keluarga yang utuh, ditolak oleh lingkungan dan teman sebaya dan tidak berharga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan loneliness dengan psychological well-being pada remaja di panti asuhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi product moment pearson menggunakan bantuan program Statistical Package For The Social Science (SPSS) 20.0 for windows. Populasi pada penelitian ini yaitu 205 remaja panti Asuhan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Falah, dengan jumlah sampel sebanyak 135 mahasiswa. Teknik penarikan sampel digunakan yaitu purposive sampling dengan memakai rumus slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala psikologi yaitu skala loneliness dan skala psychological well-being yang mana sudah teruji validitas dan reliablilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa loneliness didominasi pada tingkat tinggi sebanyak 70 orang dengan persentase 51,85% dan untuk psychological well-being didominasi pada tingkat rendah sebanyak 79 orang dengan persentase 58,52 yang memiliki arti bahwa hubungan kedua variabel adalah negatif yang mengartikan bahwa variabel x dan y mengalami kebalikan. Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis yang diterima mengartikan bahwa terdapatnya hubungan loneliness dengan psychological well-being pada remaja Panti Asuhan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Falah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Loneliness, Psychological Well-being, Remaja
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:28
Last Modified: 02 Feb 2024 03:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17141

Actions (login required)

View Item View Item