Tradisi Bernazar Menyembelih Kerbau Di Bendungan Desa Botung Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas (studi Living Quran)

Siregar, Guslan Sayang Ibu (2023) Tradisi Bernazar Menyembelih Kerbau Di Bendungan Desa Botung Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas (studi Living Quran). Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA.

[img] Text (fulltexs skripsi guslan)
fulltexs skripsi guslan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (cover,pengesahan,persetujuan,kata pengantar,daftar isi)
cover, pengesahan,persetujuan,kata pengantar,daftar isi.pdf - Published Version

Download (975kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (684kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (BAB V-- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V pustaka.pdf - Published Version

Download (434kB)

Abstract

Tradisi bernazar menyembelih kerbau di bendungan desa botung di latar belakangi oleh adanya niat petani sawah apabila mencapai hasil panen sehingga seluruh petani sawah harus mengadakan jula-jula atau suatu kepanitiaan dalam rangka niat tersebut untuk memperlancar kegitan tradisi bernazar, sehingga penulis tertarik melakukan penelitian ini yang mana rumusan masalah adalah bagaimana Tradisi Bernazar Menyembelih Kerbau di Bendungan Desa Botung Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas? Adapun tujuan dari penelitian ini pertama: Untuk mengetahui sejarah adanya tradsi bernazar menyembelih Kerbau di Desa Botung tersebut. kedua: Untuk mengetahui proses pelaksanaan tradsi bernazar menyembelih Kerbau di bendungan desa Botung kecamatan Batang Lubu Stam Kabupaten Padang Lawas. Ketiga: Untuk mengetahui makna Menyembelih Kerbau di bendungan desa Botung Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Petani padi di Desa Botung, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas, menjadi sumber data utama dalam penelitian lapangan ini, sementara para tokoh adat dan agama menjadi sumber data sekunder. Penelitian ini, merupakan suatu penelitian living qur’an yaitu adanya praktek bernazar dalam tradisi tersebut dan dalam al-qur’an juga ada membahas tentang nazar. Peneliti menggunakan pendekatan purposive sampling untuk pengambilan sampel, penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data, dan untuk analisis data, penulis menggunakan tahapan-tahapan dislei data, reduksi data, analisis data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan pertama: Praktik dalam tradisi bernazar menyembelih Kerbau di bendungan desa Botung Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas ini tidak diketahui kapan munculnya secara pasti, karena tidak ada literatur atau kejadiannya yang menyebutkan kapan kemunculan tradisi ini. Tetapi dari hasil wawancara tradisi ini munculnya pada tahun 1950 tetapi tidak tahu pastinya. Kedua: Proses dalam Tradisi Bernazar Menyembelih Kerbau Di Bendungan Desa Botung Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas ini seperti membaca Al-Barzanji dan menyantuni anak yatim sebelum melakukan penyembelihan Kerbau di bendungan desa Botung dan mengundang seluruh xii kepemerintahan Kecamatan dan Kabupaten. Ketiga: Adapun makna yang terkandung dalam Tradisi Bernazar Menyembelih Kerbau Di Desa Botung Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas ini hasil dari wawancara penulis ialah mempererat silaturahmi antara petani sawah, dan tidak melupakaan sejarah dan makna-makna budaya yang ada di dalamnya. Kata kunci :tradsi, nazar, menyembelih Kerbau

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tradsi, nazar, menyembelih Kerbau
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:48
Last Modified: 19 Dec 2023 01:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17129

Actions (login required)

View Item View Item