Efektivitas Model PAKEM Berbantu PPT Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang

Rkt, Khoirotun Nikmah (2023) Efektivitas Model PAKEM Berbantu PPT Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover)
COVER DKK.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (BAB V - Dftar Pustaka)
BAB V- DFTR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (FULL TEXT)
REVISI SKRPSI NIKMAH.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

disposisi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model PAKEM berbantu PPT interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan model PAKEM terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMPN 2 Padang Panjang. 2) mmengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan model PAKEM terhadap disposisi matematis peserta didik SMPN 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Padang Panjang. Teknik Random Sampling digunakan untuk mendapatkan sampel, sehingga terpilih kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi dan disposisi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan persentase derajat pencapaian untuk angket disposisi matematis. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen 81,72 dan kelas kontrol 72,39. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, pada selang kepercayaan 95% di peroleh thitung (2,40) > ttabel (1,67) maka keputusannya H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang belajar dengan model PAKEM berbantu PPT interaktif lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan model pembelajaran biasa (K-13) di kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang. Hasil pengolahan angket disposisi matematis diperoleh derajat pencapaian 77,76 % dengan kriteria tinggi. Jadi dapat disimpulkan penggunaan model PAKEM berbantu PPT interaltif efektif terhadap kemampuan komunikasi dan disposis matematis peserta didik kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model PAKEM, PPT interaktif, Kemampuan komunikasi matematis, disposis matematis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:02
Last Modified: 16 Oct 2023 08:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17095

Actions (login required)

View Item View Item