Ardiyanti, Putri (2023) Problematika Pembelajaran Matematika dalam Kurikulum Merdeka Belajar Peserta Didik Kelas XI di MAN 2 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (646kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (276kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (422kB) |
|
Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text (Full Text)
PUTRI ARDIYANTI_1914040041 SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangiadanya pembaharuan kurikulum di Indonesia yakni kurikulum merdeka belajar.Penerapan kurikulum merdeka belajar diberlakukan resmi pada tanggal 11 Februari 2022. MAN 2 Pesisir Selatan, sebagai sekolah penggerak yang baru satu tahun dilaksanakan kurikulum merdeka belajar,tentunya akan mengalami kendala-kendala dalam pelaksanaanya. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahuiproblematika yang terjadi pada pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka belajar. 2) untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam menghadapi problematika pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka belajar di MAN 2 Pesisir Selatan Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan 2 orang pendidik matetamtika dan kepala sekolah.Teknik pengambilan datamenggunakan teknik Purposive Sampling. Terpilih kelas XI IPA 1 menjadi kelas uji coba angket, kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 menjadi kelas penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket problematika pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka belajar peserta didik dan wawancara kepada kepala sekolah dan pendidik.Teknik analisis menggunakan angket dengan meghitung derajat pencapaian sedangan teknik analisis wawancara menggunkan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan angket dan wawancara yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aspek-aspek yang dapat menimbulkan problematika pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka belajar peserta didik kelas XI IPA adalah persepsi peserta didik terhadap pembelajaran matematika yang dianggap menyulitkan, pembelajaran matematika yang monoton, kurangnya inovasi dalam menentukan metode dan model pembelajaran matematika, penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang belum maksimal dalam pembelajaran matematika, dan kurangnya media pendukung dalam pembelajaran matematika. Upaya dalam mengatasi problematika yang terjadi yaitu memperluas pengetahuan terkait metode pembelajaran, mengikuti workshop intern dan ekstern, dan sharing sesama dengan pendidik. Kata Kunci: Problematika, merdeka belajar, matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, merdeka belajar, matematika |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 07:15 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:29 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17087 |
Actions (login required)
View Item |