Elita, Chania Fitri (2023) HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PERILAKU CYBERSLACKING MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG. Skripsi thesis, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.
Text (COVER)
Chania Fitri Elita. NIM 1815040132. Cover dll.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Chania Fitri Elita. NIM 1815040132. BAB I.pdf - Published Version Download (408kB) |
|
Text (BAB III)
Chania Fitri Elita. NIM 1815040132. BAB III.pdf - Published Version Download (451kB) |
|
Text (BAB V dan Dapus)
Chania Fitri Elita. NIM 1815040132. BAB V dan DAPUS.pdf - Published Version Download (725kB) |
|
Text (fulltext)
Chania Fitri Elita. NIM 1815040132. Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Perilaku cyberslacking semakin marak dilakukan mahasiswa di kelas sehingga menyebabkan mahasiswa kurang fokus dalam pembelajaran, bahkan saat dosen menjelaskan pembelajaran, mahasiswa justru asik menggunakan smartphonenya untuk hal-hal di luar pembelajaran, disamping itu mahasiswa tidak mampu melakukan perencanaan dalam belajar, tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikan dosen dan membiarkan tugas menumpuk, sehingga kurangnya self regulated learning pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan perilaku cyberslacking pada mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 14.334 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 389 orang mahasiswa dengan mengggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengambilan data menggunakan skala self regulated learning dan perilaku cyberslacking. Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang memiliki self regulated learning pada kategori rendah terutama pada aspek metakognitif dan perilaku cyberslacking pada kategori tinggi terutama pada aspek sharing. Hasil uji hipotesis diterima hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan bersifat negatif antara self regulated learning dengan perilaku cyberslacking pada mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang diterima, dengan nilai koefisien sebesar -0,347 dan nilai signifikansi = 0,000 (signifikansi < 0,05). Hal ini berarti semakin rendah self regulated learning yang dimiliki oleh mahasiswa, maka semakin tinggi perilaku cyberslacking.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cyberslacking, mahasiswa, self regulated learning |
Subjects: | U Umum (General) > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FUSA |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 06:32 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 06:32 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17077 |
Actions (login required)
View Item |