FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN UMKM DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN MIKRO PADA BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT CABANG SITEBA

Atika ayu, Kurnia (2023) FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN UMKM DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN MIKRO PADA BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT CABANG SITEBA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DLL)
Atika Ayu Kurnia (1816050013) cover dll-1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
ATIKA AYU KURNIA (1816050013)_ bab 1.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (BAB 3)
Atika ayu kurnia (1816050013)_ bab 3.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text (BAB 5 & DAFTAR PUSTAKA)
Atika ayu kurnia (1816050013)_bab 5 & daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
AIKA AYU KURNIA (1816050013)_SKRISPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh, terjadi turun naiknya jumlah nasabah terhadap keputusam pelaku UMKM melakukan pembiayaan mikro terhadap BTM Sumatera Barat Cabang Siteba yang melibatkan adanya beberpa faktor mempengaruhi keputusan pelaku UMKM, seperti margin, word of mouth, dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh margin, word of mouth dan lokasi terhadap keputusan pelaku UMKM mengambil pembiayaan mikro pada BTM Sumatera Barat Cabang Siteba baik secara persial maupun secara simultan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif terhadap nasabah pelaku UMKM BTM Sumatera Barat Cabang Siteba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pelaku UMKM yang melakukan pembiayaan mikro di BTM Sumatera Barat Cabang Siteba yaitu sebanyak 154 responden. Sampel ditetapkan dengan teknik slovin sebanyak 111 responden. Penelitian ini menggunakan penguji hipotesis, hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara persial margin berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pelaku UMKM mengambil pembiayaan mikro karena nilai thitung > ttabel, word of mouth berpengaruh negatif tapi tidak signifikan terhadap keputusan pelaku UMKM mengambil pembiayaan mikro karena nilai thitung > ttabel, dan lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pelaku UMKM mengambil pembiayaan karena nilai thitung > ttabel. Sementara secara simultan margin, word of mouth, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelaku UMKM mengambil pembiayaan mikro karena Fhitung > Ftabel. Berdasarkan hasil uji Determinasi (R2) diperoleh besar kontribusi variabel marigin (X1), word of mouth (X2), dan lokasi (X3) terhadap keputusan pelaku UMKM mengambil pembiayaan mikro (Y) adalah sebesar 34,9%, hal ini menunjukan bahwa pengaruh antara ketiga variabel kuat karena semakin besar angka R square semakin kuat pula pengaruh antara ketiga variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEPUTUSAN, MARGIN, WORD OF MOUTH, LOKASI
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 14 Oct 2023 07:15
Last Modified: 14 Oct 2023 07:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17065

Actions (login required)

View Item View Item