Analisis Retorika Dakwah Video Youtube Pada Channel Ustazah Halim Alaydrus Terhadap Tema "Wanita Berkelas Surga"

Maida Wati, Asep (2023) Analisis Retorika Dakwah Video Youtube Pada Channel Ustazah Halim Alaydrus Terhadap Tema "Wanita Berkelas Surga". Skripsi thesis, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (COVER, LEMBARAN PERSEMBAHAN, ABSTRAK)
Cover, dll-Asep Maida Wati-1912010021.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I-Asep Maida Wati-1912010021.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-Asep Maida Wati-1912010021.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-Asep Maida Wati-1912010021.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text-Asep Maida Wati-1912010021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh: Asep Maida Wati, 1912010021, dengan Analisis Retorika Dakwah Video Youtube Pada Channel Ustazah Halimah Alaydrus Terhadap Tema “Wanita Berkelas Surga” jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana retorika dari Ustazah Halimah Alaydrus dalam berdakwah melalui Youtube pribadinya ditinjau dari teori retorika Aristoteles meliputi Ethos (Kredibiltas), Pathos (Emosi), Logos (Logis). Dakwah merupakan komunikasi agama yang memiliki tujuan untuk menyiarkan ajaran agama Islam kepada masyarakat luas. YouTube telah menjadi salah satu platform yang populer untuk menyampaikan dakwah, dan Ustadzah Halimah Alaydrus dikenal sebagai salah satu dai wanita yang memiliki pengikut yang besar di media ini. Penelitian ini memakai jenis penelitian Content Analisis, pilihan ini disebabkan karena langkah-langkahnya mengumpulkan data-data dalam bentuk perkataan yang terdapat dalam youtube. Analisis isi (Content Analysis) adalah teknik penelitian kualitatif dengan menekankan kemantapan isi komunikasi, makna isi komunikasi, pembacaan simbol- simbol dan pemaknaan isi interaksi simbolis yang terjadi dalam komunikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Etos (kredibilitas) Ustadzah Halimah Alaydrus terbentuk karena keahlian dan kepercayaan. Tak heran jika Ustadzah Halimah Alydrus sangat memahami Islam, tidak hanya hukum Islam tetapi juga sejarah Islam, dan perjalanannya menemukan Islam menjadi faktor terbesar yang membentuk kredibilitas Ustadzah Halimah Alydrus. Sementara Patos (emosi) keberhasilan khutbah Ustadzah Halimah Alaydrus terdapat pada respons emosional mad'u yang dilontarkannya, namun banyaknya komentar positif yang diterima Ustadzah Halimah Alydrus menunjukkan bahwa pesan yang ingin disampaikan Ustadzah Halimah Alaydrus melalui videonya dapat tersampaikan dengan baik.Terakhir, Logos (logika): dakwah Ustadzah Halimah Aalydrus, materi yang disampaikan harus logis dan sesuai dengan kemampuan pendengar. Dalam video tersebut, Ustadzah Halimah Alaydrus selalu mengacu pada permasalahan sosial yang sedang terjadi kemudian menjawabnya dengan menyisipkan ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadits sebagai pedoman hidup umat Islam. Tak heran jika penonton Ustadzah Halimah Alaydrus berasal dari berbagai latar belakang dan usia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Retorika, Dakwah, Youtube
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 00:08
Last Modified: 12 Oct 2023 00:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item View Item