PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 37 PADANG

Muammar, MUAMMAR (2023) PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 37 PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Cover sampai Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (669kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar, keterampilan membaca pemahaman dan komunikasi peserta didik kelas III SD Negeri 37 Padang. Hal ini dilihat dari nilai keseluruhan keterampilan membaca pemahaman dan komunikasi peserta didik yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Rendahnya keterampilan membaca pemahaman dan komunikasi peserta didik juga disebabakan oleh proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Pendidik membimbing peserta didik hanya satu arah, pendidik hanya menerangkan, memberi kesempatan bertanya, dan memberikan tugas atau latihan, sehingga peserta didik terlihat mudah jenuh dan kurang tertarik ketika pendidik memberikan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan membaca pemahaman dan komunikasi peserta didik dalam menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III A dan Kelas III B SD Negeri 37 Padang tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling diperoleh kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes akhir belajar untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan lembar observasi untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan komunikasi peserta didik. Tes akhir belajar diberikan kepada kedua kelas sampel sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 20. Hasil analisis data aspek kognitif peserta didik berdasarkan nilai tes akhir diperoleh rata-rata kelas eksperimen 82,9 (80%) dan rata-rata nilai kelas kontrol 75 (30%). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh sig. a=0.05 maka sig. (2-tailed) = 0,48 < 0,05 dengan tingkat kepercayaan 95%. Maka disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Hasil observasi Analisis data aspek keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas eksperimen 80,81 dan kelas kontrol 68,15 aspek keterampilan komunikasi peserta didik kelas eksperimen 81,47 dan kelas kontrol 69,16. Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan keterampilan membaca pemahaman dan komunikasi peserta didik dalam menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY, KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, KOMUNIKASI PESERTA DIDIK
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:42
Last Modified: 31 Jan 2024 03:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17050

Actions (login required)

View Item View Item