Penerapan Strategi Pembelajaran Questions Students Have pada Pembelajaran Fisika untuk Menurunkan Miskonsepsi Peserta Didik Kelas VII MTsN 2 Padang

Juwita, Maya Tirta (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Questions Students Have pada Pembelajaran Fisika untuk Menurunkan Miskonsepsi Peserta Didik Kelas VII MTsN 2 Padang. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover, persetujuan pembimbing, dan abstrak)
cover_abstrak.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text (bab 1 - 5)
bab 1_bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
cover_daftar riwayat hidup.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Juwita Maya Tirta. NIM 1314080331. Penerapan Strategi Pembelajaran Questions Students Have Pada Pembelajaran Fisika Untuk Menurunkan Miskonsepsi Peserta Didik Kelas VII MTsN 2 Padang, Skripsi : Tadris IPA Konsentrasi Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2018. Hal: 1-80. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik, terutama pada aspek bertanya. Sikap takut peserta didik untuk bertanya disebabkan kurangnya rasa percaya diri ketika mengemukakan pendapat, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan rumus fisika serta pendalaman penguasaan materi. Hal inilah yang menyebabkan peserta didik mengalami miskonsepsi. Strategi yang diperkirakan dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah questions students have. Strategi ini menuntut peserta didik bertanya dalam bentuk tulisan untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penurunan miskonsepsi peserta didik yang mengikuti strategi pembelajaran questions students have lebih tinggi daripada penurunan miskonsepsi peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas VII MTsN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental, dengan rancangan penelitian randomized control-group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 2 Padang tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah cluster random sampling. Diperoleh kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik pilihan ganda beralasan disertai skala CRI. Tes diberikan kepada kedua kelas sampel sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji statistik nonparametric dengan uji mann-whitney yaitu uji perbedaan antara dua kelompok data yang independen dan tidak mensyaratkan data berdistribusi normal. Hasil penelitian diperoleh rata-rata penurunan miskonsepsi peserta didik yang mengikuti strategi pembelajaran questions students have sebesar 71,05% (tergolong tinggi) daripada penurunan miskonsepsi peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu sebesar 42,24% (tergolong sedang). Berdasarkan analisis data uji mann-whitney diperoleh signifikansi untuk pretes adalah 0,823 > 0,05 artinya H0 diterima. Hal ini berarti, terdapat kesamaan rata-rata kemampuan awal antara kelompok eksperimen dengan kelas kontrol atau dengan kata lain kemampuan awal kedua kelompok adalah sama. Berdasarkan signifikansi untuk posttest adalah 0,006 < 0,05 artinya H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa “Penurunan miskonsepsi peserta didik yang mengikuti strategi pembelajaran questions students have lebih tinggi daripada penurunan miskonsepsi peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas VII MTsN 2 Padang. Kata Kunci: Questions Students Have, Miskonsepsi, Fisika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2018 00:58
Last Modified: 23 Nov 2018 00:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1701

Actions (login required)

View Item View Item