“Perilaku Penjual Obat-obatan Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Akut pada Anak Tinjauan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Toko Obat Kecamatan Lubuk Alung)"

PUTRI, RAHMI ESHA (2023) “Perilaku Penjual Obat-obatan Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Akut pada Anak Tinjauan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Toko Obat Kecamatan Lubuk Alung)". Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER)
COVER AMI.pdf

Download (752kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I ami (1).pdf

Download (722kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III ami.pdf

Download (605kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-daftar pustaka.pdf

Download (461kB)
[img] Text (FULL TEKS)
SKRIPSI AMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pemberitaan terkait terjadinya kasus gagal ginjal akut pada anak-anak dalam menggunakan obat-obatan yang membuat orang tua ikut khawatir dan was-was terutama obat pereda panas yang berupa sirup. Hal ini disebabkan karena obat dalam sediaan sirup tersebut mengandung dietilen glikol maupun etilen glikol. Namun di Lubuk Alung masih ditemui toko obat yang menjual obat-obatan tersebut. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini yaitu pertama: kenapa penjual masih melakukan penjualan terhadap obat-obatan yang menyebabkan gagal ginjal akut pada anak di toko obat Kecamatan Lubuk Alung. Kedua: bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penjualan obat-obatan yang menyebabkan gagal ginjal akut pada anak-anak di toko obat Kecamatan Lubuk Alung. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian empiris. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data yang telah terkumpul ditulis dengan cara analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pertama, alasan produsen masih melakukan penjualan terhadap obat-obatan yang menyebabkan gagal ginjal akut pada anak karena tidak ada lagi pemberitaan mengenai kasus tersebut jadi mereka menganggap bahwa situasi sudah aman dan kembali menjual stok obat yang ada. Kedua, etika bisnis Islam terhadap penjualan obat-obatan yang menyebabkan gagal ginjal akut pada anak di Kecamatan Lubuk Alung yaitu melanggar prinsip dasar dari etika bisnis Islam tersebut diantaranya: tauhid, keseimbangan, tanggungjawab, dan kebenaran/kejujuran. Kata kunci : Perilaku Penjual, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Penjual, Etika Bisnis Islam. Perilaku Penjual, Etika Bisnis Islam.
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:05
Last Modified: 11 Oct 2023 04:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17006

Actions (login required)

View Item View Item