ANALISIS MEKANISME PENETAPAN HARGA JUAL DAN JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH ( Studi kasus pada Toko Fotokopi di Kecamatan Nanggalo Kota Padang Provinsi. Sumatera Barat )

Lubis, Muhammad Saleh Abdal (2023) ANALISIS MEKANISME PENETAPAN HARGA JUAL DAN JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH ( Studi kasus pada Toko Fotokopi di Kecamatan Nanggalo Kota Padang Provinsi. Sumatera Barat ). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-daftar isi)
M SALEH ABDAL LUBIS_NIM 1816010005_ Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (713kB)
[img] Text (BAB 1)
M SALEH ABDAL LUBIS_NIM 1816010005_ BAB 1.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (BAB 3)
M SALEH ABDAL LUBIS_NIM 1816010005_ BAB 3.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (BAB 5)
M SALEH ABDAL LUBIS_NIM 1816010005_ BAB 5.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (FULL TEXT)
M SALEH ABDAL LUBIS_NIM 1816010005_ FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fotokopi merupakan salah satu tempat perbelanjaan alat tulis dan kantor, melayani jasa Fotokopi, pemindai, penjilidan, pengetikan, pencarian tugas sekolah maupun kuliah, yang ikut meramaikan persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Mekanisme Penetapan Harga Jual Dan Jasa Dalam Perspektif Ekonomi Syariah ( Studi kasus pada Toko Fotokopi di Kecamatan Nanggalo Kota Padang Provinsi. Sumatera Barat ). Jenis penelitian yang digunakan adalah empiris atau data lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, wawancara sebagai data primer, dengan lokasi penelitian di Kecamatan Nanggalo. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pedagang Fotokopi di Kecamatan Nanggalo dalam penggunaan mekanisme penetapan pembulatan harga sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yang merupakan mekanisme penetapan harga jual berbasis nilai keadilan dengan menentukan harga yang wajar dan tidak mengambil keuntungan yang besar dan merupakan titik keseimbangan antara kekuatan permintaan dan penawaran yang disepakati oleh sukarela antara pembeli dan penjual Fotokopi. Pedagang Fotokopi di Kecamatan Nanggalo juga telah memenuhi kriteria etika berdagang yang baik menurut Islam berupa kejujuran, bertanggung jawab, dan amanah. Salah satu buktinya adalah mereka memiliki pelanggan yang tetap, dan percaya akan kualitas perdagangan yang mereka lakukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pedagang Fotokopi, Penetapan Harga Jual dan Jasa, Pembulatan Harga, Pemikiran Ibn Taimiyah
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 10 Oct 2023 12:32
Last Modified: 11 Oct 2023 00:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item