Cahaya, Fadila Putri (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kubung. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (BAB I)
Fadila Putri Cahaya. NIM 1914090093. BAB 1.pdf - Published Version Download (167kB) |
|
Text (BAB III)
Fadila Putri Cahaya. NIM 1914090093. BAB III.pdf - Published Version Download (302kB) |
|
Text (BAB V)
Fadila Putri Cahaya. NIM 1914090093. BAB V.pdf - Published Version Download (154kB) |
|
Text (COVER)
Fadila Putri Cahaya. NIM 1914090093. COVER.pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text (FULLTEXT)
Fadila Putri Cahaya. NIM 1914090093. Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran video memberi pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa (Jorome Bruner) teori ini ingin dibuktikan di SMPN I Kubung, dikarenakan selama ini terdapat: rendahnya nilai peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas, sulitnya peserta didik memahami pembelajaran di kelas, selain itu masalah lain yang terjadi berupa kurang bervariasinya media pembelajaran. Sehingga peserta didik merasa bosan, mengantuk, dan tertidur di dalam kelas yang berakibat pada nilai peserta didik berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya nilai peserta didik yaitu dengan menerapkan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kubung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode eksperimen (eksperimen research) dengan pendekatan quasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 1 Kubung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII 1 dan kelas kontrol adalah kelas VIII 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (6,886> 1,669) pada materi Mengenal Negara-negara ASEAN dalam tarag signifikan 0,05 yang artinya hipotesis Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kubung. Hal ini dapat terlihat dari banyak siswa yang tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran setelah diberi perlakuan menggunakan media video pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh baik dan nilai siswa berada di atas KKM. Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 07:33 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:19 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16969 |
Actions (login required)
View Item |