Pengaruh Strategi Improve terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VIII di Mtsn 6 Padang

Al-Habib, Al-Habib (2023) Pengaruh Strategi Improve terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VIII di Mtsn 6 Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (FULL TEXT)
AL-HABIB 1814010144 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (COVER)
AL-HABIB 1814010144 COVER, PENGESAHAN, DLL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
AL-HABIB 1814010144 BAB 1.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text (BAB 3)
AL-HABIB 1814010144 BAB 3.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (BAB 5)
AL-HABIB 1814010144 BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik di MTsN 6 Padang. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 80. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan strategi Improve pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik tidak menggunakan strategi Improve pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII MTsN 6 Padang. (2) Untuk mengetahui gambara hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi Improve pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII MTsN 6 Padang. (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi Improve terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VIII MTsN 6 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah semu eksperimen (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 6 Padang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu penentuan kelas yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini dilihat berdasarkan tingkat kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing kelas sampel. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII 3 dan kelas kontrol adalah kelas VIII 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 6 Padang dengan tidak menggunakan strategi Improve pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis tergolong dalam kategori sangat rendah, yaitu nilai rata-rata post-test yang diperoleh peserta didik di kelas kontrol yaitu 77,58, sedangkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 6 Padang dengan menggunakan strategi Improve pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis tergolong dalam kategori tinggi, dengan nilai rata-rata post-test yang diperoleh peserta didik di kelas eksperimen yaitu 83,62. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 26, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi Improve terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Padang, dengan hasil uji hipotesis yaitu diperoleh dalam dua arah atau sig α (2-tailed) sebesar = 0,000, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti H0 ditolak sebab tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi Improve dan Hα diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Improve, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:45
Last Modified: 17 Oct 2023 03:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16943

Actions (login required)

View Item View Item