Strategi Kepemimpinan Buya H Hamzah Bilal Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pulai Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Dalam Meningkatakan Jumlah Santri

Muhapril Zaidin, Ayef Muhamad (2023) Strategi Kepemimpinan Buya H Hamzah Bilal Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pulai Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Dalam Meningkatakan Jumlah Santri. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (Cover,Pesetujuan Pembimbing, Pengesahan,Kata Pengantar,Daftar isi, AYEF 1812030018)
Cover, Pengesahan,Persetujuan Pembimbing,Kata Pengantar,Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (Bab 1 AYEF 1812030018)
BAB I.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text (Bab 3 AYEF 1812030018)
BAB III.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Bab 5- Daftar pustaka AYEF 1812030018)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (569kB)
[img] Text (Skripsi Full Texs AYEF 1812030018)
FULTEXS MENUJU PERPUS ACC.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Ayef Zaidin Muhapril NIM 1812030018 Strategi Kepemimpinan Buya H Hamzah Bilal Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pulai Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Dalam Meningkatkan Jumlah Santri : Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri ( UIN ) Imam Bonjol Padang. Dalam suatu organisasi kepemimpinan memegang peranan yang penting, karena pemimpinanlah yang akan menggerakkan dan mengarahkan oranisasi dalam mencapai tujuan dan sekaligus merupakan tugas yang tidak mudah. Dengan kata lain sukses tidaknya usaha pencapaian suatu tujuan organisasi ditentukan oleh kualitas kepemimpinan Buya H Hamzah Bilal, oleh sebab itu Strategi Kepemimpinan Buya H Hamzah Bilal Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pulai Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Dalam Meningkatkan Jumlah Santri sangatlah penting dalam mencari santri yang berkualitas dan memiliki kepribadian yang baik. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Kepemimpinan Buya H Hamzah Bilal Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pulai Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Dalam Meningkatkan Jumlah Santri, peneliti ini merupakan peneliti lapangan yang bersifat kualitatif, sumber data diperoleh wawancara dengan pimpinan,ustadz, ustadzah dan santri Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pulai. Adapun teknik data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Strategi Kepemimpinan Buya H Hamzah Bilal Dalam Meningkatkan Jumlah Santri Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pulai Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya ialah dengan kerja sama yang baik antara Buya H Hamzah Bilal dan para guru-guru beserta santri, dengan cara melakukan formulasi strategi, implementasi strategi, evaluasi strategi di tengah masyarakat. 2). Gaya Kepemimpinan Buya H Hamzah Bilal Dalam Meningkatkan Jumlah Santri Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pulai Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya ialah seperti gaya kepemimpinan otoriter, gaya kepemimpinan partisipatif, dan gaya kepemimpinan delegatif, ketiga gaya tersebut dilakukan oleh Buya H Hamzah Bilal di dalam memimpin namun dia menggunakan gaya kepemimpinan sesuai dengan keadaan dan waktu tertentu contoh dalam mengambil keputusan membawa santri untuk pergi berdakwah. 3). Fungsi Kepemimpinan Buya H Hamzah Bilal Dalam Meningkatkan Jumlah Santri Di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pulai Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya agar tujuan yang ingin dicapai berjalan dengan baik maka Buya H Hamzah Bilal harus memiliki kemampuan menggerakkan dan memotivasi semua bawahannya dengan cara melakukan fungsi kepemimpinan intuksi, fungsi kepemimpinan delegasi, dan fungsi kepemimpinan pengendalian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi,Kepemimpinan, Pondok Pesantren
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 12 Oct 2023 00:58
Last Modified: 12 Oct 2023 00:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16934

Actions (login required)

View Item View Item