PENGARUH FINANCIAL LITERACY, RISK TOLERANCE, DAN OVERCONFIDENCE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SYARIAH DI KOTA PADANG

Margasie, Ivo (2023) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, RISK TOLERANCE, DAN OVERCONFIDENCE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SYARIAH DI KOTA PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (COVER, DAFTAR ISI, PENGESAHAN)
cover.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (FULL TEXT)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya pengetahuan literasi keuangan seorang investor tidak akan bisa menentukan investasi yang sesuai buat dirinya dan dapat membuat kesalahan dalam pengambilan keputusan investasi serta berpotensi terkena resiko. Untuk itu, investor juga dituntut untuk memilih investasi yang tepat dan harus berani mengambil resiko yang ada dalam investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Financial Literacy, Risk Tolerance, dan Overconfidence terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Syariah Di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan Skala Likert. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik non-probality menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Analisis regresi linear berganda dengan program aplikasi pengelolaan data Statistical Package Social Sciences (SPSS) versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Financial Literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi di Kota Padang dengan nilai t hitung sebesar 3,231 dan nilai signifikan sebesar 0,002<0,05. Variabel Risk Tolerance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan investasi syariah di Kota Padang dengan nilai t hitung sebesar 1,028 dan nilai signifikan sebesar 0,307>0,05. Serta variabel Overconfidence berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan investasi di Kota Padang dengan nilai t hitung sebesar 1,636 dan nilai signifikan sebesar 0,105>0,05. Secara bersama-sama (simultan) Financial Literacy, Risk Tolerance, dan Overconfidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi syariah di Kota Padang dengan nilai F hitung 4,862 lebih besar dari F tabel 2,70 (4,862 > 2,70)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy, Risk Tolerance, Overconfidence, Keputusan Investasi
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 11 Oct 2023 00:34
Last Modified: 11 Oct 2023 00:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16908

Actions (login required)

View Item View Item