Tingkat Kepuasan Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2019-2021 Uin Imam Bonjol Padang Terhadap Aplikasi Telegram Dalam Peningkatan Pengetahuan Informasi

Febrianti, Hutami (2023) Tingkat Kepuasan Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2019-2021 Uin Imam Bonjol Padang Terhadap Aplikasi Telegram Dalam Peningkatan Pengetahuan Informasi. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover,Abstrak,Pengesahan)
COVER-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Revisi watermark.pdf - Published Version

Download (483kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Revisi watermark.pdf - Published Version

Download (627kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (FULL TAXT)
SKRIPSI FULL TAXT TAMI BISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini disusun oleh Hutami Febrianti NIM. 1912010041 dengan judul “Tingkat Kepuasan Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2019-2021 UIN Imam Bonjol Padang terhadap Aplikasi Telegram dalam Peningkatan Pengetahuan Informasi”. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 1445 H/ 2023 M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa mengonsumsi media sosial telegram dari prodi Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2019-2021 UIN Imam Bonjol Padang dalam peningkatan pengetahuan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif dengan menggunakan metode survei terhadap 125 orang mahasiswa dengan menyebarkan kuesioner melalui google formulir yang berisi 15 item pertanyaan mengenai telegram sebagai media informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial yang disesuaikan dengan teori yang digunakan. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dimana setiap pertanyaan mempunyai lima gradasi yaitu sangat setuju, setuju, cukup setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Teknik analisis yang digunakan yaitu menghitung nilai rata-rata (Mean) dari GS dan GO untuk melihat kesenjangan (Gap) atau Gratification Discrepancy antara kedua variabel. Dengan mengukur seberapa tinggi tingkat kebutuhan yang diharapkan (Gratification Sought) dan kepuasan yang didapatkan (Gratiication Obtained) dimana kedua variabel ini merupakan konsep utama dari teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Uses and Gratifiation (kegunaan dan kebutuhan). Hasil penelitian ini menunjukkan kesenjangan berada pada kriteria melebihi batas maksimal, yaitu 20%. Terdapat kesenjangan pada dimensi informasi sebesar 28,2%, dimensi identitas pribadi sebesar 30,44%, pada dimensi itegrasi dan interaksi sosial sebesar 26,66%. Artinya mahasiswa merasa telegram tidak mampu memenuhi kebutuhan mereka atas kebutuhan informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial. Kata Kunci : Telegram, Pengetahuan Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Telegram, Pengetahuan Informasi
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:58
Last Modified: 10 Oct 2023 08:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16862

Actions (login required)

View Item View Item