Pengaruh E-Service Quality Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking BSI (Studi Kasus Pada Dosen UIN Imam Bonjol Padang)

Sulistiani, Wida (2023) Pengaruh E-Service Quality Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking BSI (Studi Kasus Pada Dosen UIN Imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover Wida Sulistiani 1816050010.pdf - Published Version

Download (832kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Wida Sulistiani 1816050010.pdf - Published Version

Download (880kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Wida Sulistiani 1816050010.pdf - Published Version

Download (687kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V - Daftar Pustaka Wida Sulistiani 1816050010.pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text (Full Text)
Fulltext Wida Sulistiani 1816050010.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah yaitu kualitas layanan. Berdasarkan fenomenana yang ditemukan bahwa nasabah BSI sudah merasa puas terhadap kualitas layanan mobile banking BSI. Namun ditemukan juga ketidakpuasan nasabah terhadap layanan mobile banking BSI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality yang terdiri dari efficiency, fulfillment, reliability, dan privacy. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Sampel berjumlah 80 responden merupakan Dosen UIN Imam Bonjol Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acidental sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah efficiency, fulfillment, reliability, dan privacy sedangkan variabel terikat yaitu kepuasan nasabah. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat analisis data program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan bahwa variabel fulfillment, reliability, Privacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah karena nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel yaitu 1,99210 dengan nilai signifikan lebih kecil daripada 0,05. Variabel efficiency berpengaruh negatif dan tidak segnifikan terhadap kepuasan nasabah Karena nilai thitung < ttabel yaitu -0,637 < 1,99210 dengan nilai signifikan lebih besar daripada 0,05. Sedangkan pada hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa variabel efficiency, fulfillment, reliability, dan privacy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah BSI dengan nilai Fhitung lebih besar daripada nilai Ftabel yaitu 2,49 dengan nilai signifikan lebih kecil daripada 0,05. Hasil Uji koefisien determinasi R-Square sebesar 0,418, artinya kontribusi dari variabel efficiency, fulfilment, Reliability, dan Privacy adalah 41,8% terhadap kepuasan nasabah BSI di UIN Imam Bonjol Padang. Dan sisanya 51,2% lagi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian yang penulis lakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Service Quality, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 11 Oct 2023 00:24
Last Modified: 11 Oct 2023 00:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16844

Actions (login required)

View Item View Item