Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Expalining Terhadap Hasil Belajar siswa IPS Kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang

Sari, Richa Okta (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Expalining Terhadap Hasil Belajar siswa IPS Kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
COVER DLL.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (FULL TEKS SKRIPSI)
FULL TEKS SKRIPSI RICHA OKTA SARI 1914090008.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dikelas VIII SMPN 2 Gunung Talang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah pteest-postest control groub desainn. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII.F dan kelas kontrol adalah kelas VIII.C. jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang kelas kontrol dan 30 orang kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu berupa tes soal(pretest dan posttest). Hasil dari (pretest dan posttest) dianalisis menggunakan microsoft office excel dan SPSS 26. Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh dalam dua arah atau sig (2-tailed) sebesar = 0,013, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (0,013 < 0,05). Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak artinya Ha terdapat perbedaan yang signifikansi terhadap peningkatan hasil belajar pelajaran IPS kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya Penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining bisa menjadi salah satu cara atau solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII SMPN 2 Gunung Talang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:02
Last Modified: 16 Oct 2023 03:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16843

Actions (login required)

View Item View Item