Pelaksanaan Terapi Dzikir untuk Ketenangan Jiwa Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Sabai Nan Aluih Sicincin Kab. Padang Pariaman

Rizky Gustia, Pratiwi (2023) Pelaksanaan Terapi Dzikir untuk Ketenangan Jiwa Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Sabai Nan Aluih Sicincin Kab. Padang Pariaman. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Penguji, Halaman Persembahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Lampiran)
Pratiwi Gustia Rizky_1912020024_Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pembimbing,Pengesahan Penguji, Halaman Persembahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Lampiran..pdf - Published Version

Download (937kB)
[img] Text (BAB I)
Pratiwi Gustia Rizky_1912020024_BAB I.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text (BAB III)
Pratiwi Gustia Rizky_1912020024_BAB III.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
Pratiwi Gustia Rizky_1912020024_BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (Full Text)
Pratiwi Gustia Rizky_1912020024_Fulltext..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Terapi Dzikir Untuk Ketenangan Jiwa Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Kab. Padang Pariaman” disusun oleh Pratiwi Gustia Rizky, NIM 1912020024, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini di latarbelakangi oleh lansia yang mengalami masalah dengan keluarganya yaitu lansia yang jarang sekali di jenguk oleh keluarganya ketika berada di panti hal tersebut membuat lansia yang berada di panti mengalami kesulitan dalam menghadapi situasi dan membuat dirinya menjadi tidak tenang. Kenyataan dilapangan menggambarkan bahwa setelah dilakukannya terapi dzikir kepada lansia maka masih terdapat lansia yang mengalami ketidaktenangan jiwa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan terapi dzikir jali, khafi dan haqiqi untuk ketenangan jiwa lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Kab. Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Ustadz dan Ustadzah sebagai Pembina dalam pelaksanaan terapi dzikir untuk ketenangan jiwa lansia dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data ini adalah data collection ( pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), verification (kesimpulan). Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan terapi dzikir untuk ketenangan jiwa lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Kab. Padang Pariaman yaitu: 1) Pelaksanaan dzikir jali dilakukan dengan jahr yang dilakukan dengan suara yang keras dengan membaca tasbih,tahmid,tahlil dan takbir. 2) pelaksanaan dzikir khafi dilakukan dengan suara yang pelan dan hati meresapi setiap maknanya dengan membaca tasbih, istighfar dan hauqalah. 3) Pelaksanaan dzikir haqiqi dilakukan dengan seluruh jiwa dan raga dan hanya terpusat kepada Allah SWT dengan membaca tasbih, istighfar, hauqalah dan Hasbunallah wani’mal wakil, Subhanallah wal hamdulillahiwala illaha ilallallah Allahu akbar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi Dzikir, Ketenangan Jiwa, Lansia
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:43
Last Modified: 10 Oct 2023 07:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16831

Actions (login required)

View Item View Item