Pengaruh Penggunaan Strategi Crossword Puzzle (Teka-teki Silang) Terhadap Hasil Belajar di KELAS VIII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo

Sari, Silvia (2023) Pengaruh Penggunaan Strategi Crossword Puzzle (Teka-teki Silang) Terhadap Hasil Belajar di KELAS VIII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover)
cover 9 okt.pdf - Published Version

Download (710kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (756kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version

Download (777kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V 10 OKT.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (FULLTEXT)
full .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya penggunaan strategi pembelajaran dalam proses belajar mengajar, serta kurang aktifnya peserta didik terhadap proses pembelajaran dalam mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penggunaan Strategi Crosword Puzzle (teka-teki silang) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII terdiri dari 30 orang dari kelas kontrol dan 30 orang dari kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu berupa tes soal (pretest dan posttest). Hasil dari (pretest dan posttest) dianalisis menggunakan microsoft office excel dan SPSS 26. Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh data hasil belajar peserta didik pada hasil pretest diperoleh nilai rata-rata peserta didik kelas kontrol 46,17 yang berada kategori rendah, sementara itu pada hasil pretest kelas eksperimen diperoleh rata-rata 47,50 berada pada kategori rendah. Pada data hasil posttest, pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata 79,00 pada kategori tinggi dan kelas eksperimen dengan rata-rata 80,83 yang berada pada kategoti tinggi. Dalam hasil uji t dua arah atau sig (2-tailed) sebesar = 0,000, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak artinya Ha terdapat pengaruh yang terhadap peningkatan hasil belajar pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya Penggunaan Strategi Crosword Puzzle (teka-teki silang) bisa menjadi salah satu cara atau solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Crossword Puzzle, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Crossword Puzzle, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:30
Last Modified: 13 Oct 2023 06:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16828

Actions (login required)

View Item View Item