Media Video Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 X Koto Singkarak

Hanafi, Hanafi (2023) Media Video Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 X Koto Singkarak. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (HANAFI_1914090083_COVER-DAFTAR ISI)
HANAFI_1914090083_COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (HANAFI_1914090083_BAB I)
HANAFI_1914090083_BAB I.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (HANAFI_1914090083_BAB III)
HANAFI_1914090083_BAB III.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (HANAFI_1914090083_BAB V)
HANAFI_1914090083_BAB V.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (HANAFI_1914090083_FULL TEKS)
HANAFI_1914090083_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hanafi. NIM: 1914090083. “Media Video Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 X Koto Singkarak”, Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1445 H/2023 M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Pada saat penggunaan media video, guru hanya menampilkan video tanpa adanya pemberian arahan kepada peserta didik, sehingga di dalam pembelajaran siswa kurang mengerti apa yang harus dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media video dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada jenjang sekolah menengah pertama 3 X Koto Singkarak, bagaimana dampak dari penggunaan media video dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada jenjang sekolah menengah pertama 3 X Koto Singkarak, serta bagaimana kendala dalam pelaksanaan media video dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada jenjang sekolah menengah pertama 3 X koto singkarak. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu sumber primer dan skunder. Sumber primer yaitu guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, kepala sekolah, peserta didik dan observasi pembelajaran dengan menggunakan media video. Sedangkan sumber sekundernya yaitu buku, jurnal, penelitian yang relevan. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama bahwa penggunaan media video yang pertama disiapkan ialah video yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang siap ditampilkan di kelas, lalu meminta peserta didik mengamati dan menanggapi serta mampu menjelaskan kembali mengenai materi yang telah ditampilkan. Kedua dampak dari penggunaan media video ini dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial adalah untuk meningkatkan semangat, motivasi, keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, serta meningkatkan hubungan dan interaksi antara guru dan peserta didik. Ketiga kendala dalam penggunaan media video berupa keterbatasan guru dalam menggunakan teknologi serta mengoperasikan media pada saat pembelajaran, serta ketersediaan proyektor yang kurang memadai untuk setiap kelasnya. Proses pembelajaran dengan menggunakan media video, guru menyiapkan langkah-langkah dan acuan yang menjadi pedoman bagi peserta didik serta adanya sarana dan prasarana yang mendukung seperti tersedianya proyektor, komputer, dan penunjang lainnya. Kata Kunci: Penggunaan, Media Audio Visual, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Media Audio Visual, Pembelajaran IPS
Subjects: U Umum (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:04
Last Modified: 06 Feb 2024 08:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16815

Actions (login required)

View Item View Item