Peran Pendidik Dalam Pembentukkan Karakter Profil Pelajar Pancasila (Iman, Taqwa, dan Akhlak Mulia) di SD Negeri 04 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman

Firma, Risda (2023) Peran Pendidik Dalam Pembentukkan Karakter Profil Pelajar Pancasila (Iman, Taqwa, dan Akhlak Mulia) di SD Negeri 04 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover)
COVER (Risda).pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (risda).pdf - Published Version

Download (476kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (Risda).pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V- Daftar Pustaka (risda).pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text (Skripsi Risda Firma Full Text)
Skripsi Risda Firma full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang mencerminkan karakter kurang baik, misalnya berbicara kotor sesama teman, datang terlambat ke sekolah, tidak mengikuti kultum (kuliah tujuh menit) dengan tertib, mendongkol ketika di tegur pendidik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran pendidik dalam pembentukan karakter peserta didik yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia di SD Negeri 04 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Peran pendidik dalam pembentukan karakter peserta didik yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Pendidik berperan penting dalam menumbuhkan karakter peserta didik, mulai dari menjelaskan suatu hal, memberi contoh dan teladan yang baik kepada peserta didiknya, agar peserta didik dapat menerapkan karakter baik tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dalam membentuk karakter peserta didik yang beriman, pendidik memberikan penjelasan tentang iman kepada peserta didik, kemudian memberi contoh yang berkaitan dengan iman, misalnya mengerjakan shalat fardu. Kemudian dalam pembentukan karakter peserta didik yang bertaqwa, pendidik juga menjelaskan tentang taqwa dan contoh orang-orang yang bertaqwa, misalnya mengerjakan shalat fardu tepat waktu. Selanjutnya dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia, pendidik menjelaskan dan memberikan contoh tentang perbuatan akhlak mulia, misalnya membantu teman yang sedang membutuhkan pertolongan. bukan hanya pendidik saja yang berperan dalam pembentukan karakter peserta didik, orang tua di rumah juga berperan penting dalam pembentukan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Pendidik, Karakter Profil Pelajar Pancasila
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:38
Last Modified: 13 Oct 2023 01:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16805

Actions (login required)

View Item View Item