Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Jual Beli Gaharu di Kenagarian Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan

Novendra, Riski (2023) Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Jual Beli Gaharu di Kenagarian Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
Riski Novendra-1813040151-HES-Cover Dll-1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Riski Novendra-1813040151-HES-BAB I.pdf - Published Version

Download (627kB)
[img] Text (BAB III)
Riski Novendra-1813040151-HES-BAB III.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (BAB V)
Riski Novendra-1813040151-HES-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (Riski Novendra 1813040151 HES)
Riski Novendra-1813040151-HES-Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh praktek jual beli gaharu di kenagarian Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan, antara penjual dan pembeli yang menerapkan jual beli gaharu yang masih di pohon. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah penelitian adalah “ Bagaimana tinjauan Fikih Muamalah terhadap jual beli getah gaharu yang masih di pohon di Nagari Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan.”Adapun petanyaan penelitian adalah pertama, bagaimana proses jual beli getah gaharu di Kenagarian Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan?, kedua, bagaimanakah tinjauan Fikih Muamalaha terhadap jual beli getah gaharu di Kenagarian Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field Research). Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang didapatkan dari informan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentsi. Data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan skripsi. Metode analisis data adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian adalah: pertama, toke akan melihat kayu gaharu di kebun pemilik gaharu tersebut setelah dilihat pohon gaharu tersebut kemudian toke dan pemilik akan menentukan kesepakatan harga kayu gaharu tanpa mengetahui getah gaharu yang terkandung dalam batang tersebut, kedua, praktek jual beli getah gaharu di Kenagarian Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan menurut tinjauan Fikih Muamalah, jual beli tersebut sudah memenuhi rukun jual beli, namun ada beberapa syarat yang belum terpenuhi, seperti objek belum jelas baik secara kualitas maupun kuantitas sehingga jual beli tesebut termasuk jual beli fasid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual beli fasid
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:50
Last Modified: 13 Oct 2023 08:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16779

Actions (login required)

View Item View Item