Mulia, Citri (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Iimam Bonjol Padang.
Text (CITRI MULIA_1914090058_COVER-DAFTAR ISI)
CITRI MULIA_1914090058_COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (651kB) |
|
Text (CITRI MULIA_1914090058_BAB I)
CITRI MULIA_1914090058_BAB I.pdf - Published Version Download (147kB) |
|
Text (CITRI MULIA_1914090058_BAB III)
CITRI MULIA_1914090058_BAB III.pdf - Published Version Download (416kB) |
|
Text (CITRI MULIA_1914090058_BAB V)
CITRI MULIA_1914090058_BAB V.pdf - Published Version Download (142kB) |
|
Text (CITRI MULIA_1914090058_FULL TEKS)
CITRI MULIA_1914090083_FUUL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Citri Mulia NIM: 1914090058, Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan, Skripsi, Program Studi Tadris IPS Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa yang masih rendah dan proses pembelajaran masih belum optimal karena penggunaan strategi pembelajaran masih kurang efektif. Selanjutnya peserta didik masih banyak yang belum memahami akan materi yang disampaikan oleh pendidik. Hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah dibuktikan dengan masih banyak yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 80. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah menggunakan strategi Learning Tournament pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran hasil pre-test kelas eksperimen pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil pre-test kelas kontrol pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan. (3) Untuk mengetahui gambaran hasil post-test kelas eksperimen pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan. (4) Untuk mengetahui gambaran hasil post-test kelas kontrol pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan. (5) Untuk mengetahui pengaruh strategi Learning Tournament terhadap hasil belajar belajar IPS kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah nonquivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII 1 dan kelas kontrol adalah kelas VIII 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 61,84 termasuk kategori tinggi. 2) Hasil belajar pre-test kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 53,69 termasuk kategori rendah. 3) Hasil belajar post-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,25 termasuk kategori tinggi. 4) Hasil belajar post-test kelas kontrol diperolrh nilai rata-rata 77,84 termasuk kategori rendah. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 20 pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament terhadap hasil belajar IPS diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,002, maka diambil kesimpulan bahwa (0,002 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament terhadap hasil belajar IPS kelas VIII MTsN 1 Pesisir Selatan. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament, Hasil Belajar IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 06:58 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 06:58 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16778 |
Actions (login required)
View Item |