Penerimaan Diri Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Ampang Kota Padang (Tinjauan dari Perspektif Bimbingan dan Konseling)

Ariyanti, Nanda (2023) Penerimaan Diri Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Ampang Kota Padang (Tinjauan dari Perspektif Bimbingan dan Konseling). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Pengesahan Tim Penguji, Pernyataan Keaslian, Persetujuan Pembimbing, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Pengesahan Tim Penguji, Pernyataan Keaslian, Persetujuan Pembimbing, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (820kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (405kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerimaan Diri Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Ampang Kota Padang (Tinjauan dari Perspektif Bimbingan dan Konseling)” ditulis oleh Nanda Ariyanti, NIM 1912020058 Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Idealnya semua remaja dapat menerima dirinya, yang ditandai dengan memiliki harapan yang realistis, dan menghargai dirinya sendiri, tanpa terpaku kepada pendapat orang lain. Namun banyak remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Ampang belum mampu menerima dirinya yang ditandai dengan merasa tidak percaya diri, merasa insecure, karena merasa diri kurang cantik, kurang tinggi, serta merasa takut dijauhi oleh orang lain karena kelemahan yang dimiliki. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui penerimaan diri remaja dilihat dari aspek persepsi mengenai diri sendiri dan penampilan, sikap terhadap kekuatan dan kelemahan diri, respon terhadap penolakan dan kritikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini, adalah remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Ampang Kota Padang, yang berjumlah 28 orang remaja, dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperolah 7 orang subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerimaan diri remaja dari segi persepsi mengenai diri dan penampilan, diketahui sebagian kecil remaja mengalami masalah dengan kondisi fisiknya merasa diri kurang cantik, memiliki tubuh yang pendek, tidak percaya diri, merasa insecure kepada orang lain. Sebagian besar remaja memiliki persepsi yang baik mengenai kondisi fisik dan penampilannya; (2) penerimaan diri remaja dari segi sikap terhadap kekuatan dan kelemahan diri, sebagian besar remaja dapat menerima semua kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya, sehingga mereka mampu berfikir positif bahwa setiap orang tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sedangkan sebagian kecil remaja belum mampu menerima kekurangan yang dimilikinya, karena merasa takut dijauhi oleh orang lain karena kelemahannya; dan (3) penerimaan diri remaja dari segi respon terhadap penolakan, keseluruhan remaja dapat memberikan respon yang positif terhadap semua kritikan yang diterimanya, dan bersedia memperbaiki kekurangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Diri, Remaja
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:23
Last Modified: 10 Oct 2023 08:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16775

Actions (login required)

View Item View Item