Upaya Santri dalam Berprilaku Hidup Bersih di Pondok Pesantren H. Abdullah Alin Tagak Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat

Yulinda, Irma (2023) Upaya Santri dalam Berprilaku Hidup Bersih di Pondok Pesantren H. Abdullah Alin Tagak Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Halaman Pernyataan Keaslian, Surat Persetujuan Pembimbing, Halaman Pengesahan Tim Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Halaman Pernyataan Keaslian, Surat Persetujuan Pembimbing, Halaman Pengesahan Tim Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Upaya Santri Dalam Berperilaku Hidup Bersih di Pondok Pesantren H. Abdullah Alin Tagak Kecamatan Gunung Tuleh Pasaman Barat" disusun oleh Irma Yulinda NIM 1912040029 pada Program Studi Pengambangan Masyarakat Islam. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya kepedulian santri dalam menjaga kebersihan lingkungan. Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah guru di pondok pesantren. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dan teknik analisis data. Hasil penelitian Pesantren ini memiliki santri 364 orang. Lokasi pesantren ini sangat terbuka dengan masyarakat, sehingga arus komunikasi dan informasi terus menerus terjadi setiap saat. Pengamatan yang dilakukan oleh peneliti bahwa adanya suatu proses penyadaran yang dilakukan oleh guru terhadap santri. Salah satunya memberikan penyuluhan kepada santri membentuk sebuah program dan aturan yang dikelola secara rutin dan berkelanjutan. sistem pengetahuan mengenai kebersihan membuka wawasan pengetahuan mengenai arti penting kebersihan dan pengelolaan sampah, serta mengetahui akibat buruk jika pola hidup bersih serta pengelolaan sampah secara baik tidak dilakukan. Disamping itu dibentuk organisasi santri atau pengurus santri sebagai pelaksana kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Berperilaku, Hidup Bersih
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:38
Last Modified: 10 Oct 2023 08:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16738

Actions (login required)

View Item View Item