Efektivitas Model Course Review Horay Disertai Media Powerpoint Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Peserta Didik Kelas VIII di MTsN Padang Panjang

Rahmi, Gusti (2023) Efektivitas Model Course Review Horay Disertai Media Powerpoint Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Peserta Didik Kelas VIII di MTsN Padang Panjang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover,dll)
Gusti Rahmi, 1914040022_Cover,dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
Gusti Rahmi_1914040022_Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Gusti Rahmi_1914040022_Bab III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Gusti Rahmi_1914040022_Bab V.pdf - Published Version

Download (968kB)
[img] Text (Full Text)
Gusti Rahmi_1914040022_FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik kelas VIII MTsN Padang Panjang. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model Course Review Horay disertai media powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model Course Review Horay disertai media powerpoint lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran biasa (K-13) dikelas VIII MTsN Padang Panjang. 2) mengetahui kemampuan self confidence peserta didik yang belajar dengan model Course Review Horay disertai media powerpoint di kelas VIII MTsN Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN Padang Panjang. Untuk mendapatkan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self confidence. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan persentase derajat pencapaian untuk angket self confidence. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen 83,31 dan kelas kontrol 78,22. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, pada selang kepercayaan 95% di peroleh t_hitung (1,79) > t_tabel (1,67) maka keputusannya H_o ditolak dan H_1 diterima, artinya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan model course review horay berbantuan media powerpoint lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran biasa (K-13) di kelas VIII MTsN Padang Panjang. Hasil pengolahan angket self confidence diperoleh derajat pencapaian 84,44 % dengan kriteria tinggi. Jadi dapat disimpulkan penggunaan model Course Review Horay disertai powerpoint efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik kelas VIII MTsN Padang Panjang. Kata Kunci: Course Review Horay, Powerpoint, Pemecahan Masalah, Self Confidence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Powerpoint, Pemecahan Masalah, Self Confidence
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:50
Last Modified: 12 Oct 2023 08:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16695

Actions (login required)

View Item View Item