Pengaruh Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Sejarah Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Kelas X SMAN 1 X Koto Tanah Datar

Maharani, Dewi (2023) Pengaruh Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Sejarah Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Kelas X SMAN 1 X Koto Tanah Datar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (BAB I DEWI MAHARANI)
BAB I Dewi Maharani 1814090004.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (BAB III DEWI MAHARANI)
BAB III Dewi Maharani 1814090004.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (BAB V -DAFTAR PUSTAKA)
BAB V Dewi Maharani 1814090004.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (cover)
skripsi full dewi maharani-cover.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (full text)
skripsi full dewi maharani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang ditemukan penulis di lapangan yaitu dalam proses pembelajaran guru terlihat lebih sering menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran yang berakibat peserta didik merasa bosan dan tidak memiliki motivasi dalam belajar serta mengalami kurang fokus dalam proses pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan pendekatan Problem Based Learning pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: a) mengetahui efektifitas penggunaan Problem Based Learning terhadap pembelajaran sejarah kelas X di SMAN 1 X Koto, b) untuk melihat adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan design penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas X SMA N 1 X Koto Tanah Datar yang berjumlah 175 orang dengan sampel sebanyak 70 orang. Sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelas yaitu kelompok eksperimen yang menerima pemebalajaran dengan pendekatan Problem Based Learning ( PBL), dan kelas kontrol yang menerima pembelajaran menggunakan metode caramah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen angkat yang digunakan adalah adaptasi dari Motivated Strategies for Learning Questionnaure (MSLQ) yang dikembangkan oleh Pintrich. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan PBL pada pembelajaran sejarah memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar. Kelas eksperimen menunjukan hasil peningkatan motivasi belajar yang lebih baik dari kelas kontrol ditunjukan dengan hasil pengolahan data menggunakan SPSS 20.0 for windows. Bersarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent-test yaitu nilai signifikansi 0,288 < 0,30.Hal ini berarti H0 yang berbunyi terdapat pengaruh peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah diterima dan Ha tolak. Namun peningkatan pembelajaran menggunkan Problem Based Learning terbilang rendah yaitu 28,8%, karena pendekatan PBL ini tergolong baru digunakan di SMA N 1 X Koto Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Basesd Learning, pembelajaran Sejarah, Motivasi Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:44
Last Modified: 13 Dec 2023 02:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16692

Actions (login required)

View Item View Item