Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS)Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Pesisir Selatan

Lupita, Yosi Febrika (2023) Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS)Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Bab 1)
BAB 1 .pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (BAB 5 PUSTAKA)
BAB 5- PUSTAKA WATERMARK.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (cover)
cover lengkap.pdf - Published Version

Download (719kB)
[img] Text (full text)
Full watermark yosi febrika lupita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan peneliti dalam pelaksanaan model pembelajaran tipe Team Games Tournament (TGT) Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiayah Negeri 5 Pesisir Selatan. Model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe pembelajaraan kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan bagaimana dampaknya dari pelaksanaan model Team Games Tournament (TGT) ini pada mata pelajaran IPS kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer yang digunakan yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaaran IPS dan peserta didik Madrsah Tsanawiyah Negeri 5 Pesisir Selatan. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui Tenaga Usaha (TU) yang meliputi profil sekolah, visi, misi, tujuan dan kurikulum Madrasah Tsanwiyah Negeri 5 Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan / verifikasi data. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa yang pertama, pelaksanaan model Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS yang terdapat pada kegiatan inti yaitu, presentasi kelas, belajar dalam kelompok, permainan, pertandingan dan penghargaan kelompok. Yang kedua dampak dalam pelaksanaan model Team Games Tournament (TGT) ini ada dampak postif dan dampak negatif. Dampak positif yaitu Proses belajar mengajar berlangsung dengan keaktifan dari peserta didik, Mendidik peserta untuk berlatih bersosialisasi dengan orang lain, Motivasi belajar lebih tinggi, Hasil belajar lebih baik, Meningkatkan kebaikan budi, kepekan dan toleransi. Dampak negatifnya dari pelaksanaan model ini yaitu Bagi guru Sulitnya pengelompokkan peserta didik yang mempunyai kemampuan heterogen dari segi akademis, Waktu yang dihabiskan untuk diskusi oleh peserta didik cukup banyak sehinggah melewati waktu yang sudah ditetapkan. Bagi siswa Masih adanya peserta didik berkemampuan tinggi kurang terbiasa dan sulit memberikan penjelasan kepada peserta didik lainnya. Kata Kunci : Penerapan, Model Team Games Tournament

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:32
Last Modified: 19 Jan 2024 08:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16686

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item