ANALISIS DAMPAK PRAKTIK DEBITUR DAN RENTENIR DI PASAR SERIKAT PAKAN SELASA NAGARI KAMANG HILIA, KABUPATEN AGAM DALAM PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH

Aulia, Putri, Salsabila (2023) ANALISIS DAMPAK PRAKTIK DEBITUR DAN RENTENIR DI PASAR SERIKAT PAKAN SELASA NAGARI KAMANG HILIA, KABUPATEN AGAM DALAM PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH. Skripsi thesis, Fakultas Syariah.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER, ABSTRAK DAN PENGESAHAN)
SALSABILA AULIA PUTRI_1913040170_COVER.PDF...pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text (BAB I)
SALSABILA AULIA PUTRI_1913040170_BAB I.PDF.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
SALSABILA AULIA PUTRI_1913040170_BAB III.PDF.pdf - Published Version

Download (705kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
SALSABILA AULIA PUTRI_1913040170_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
SALSABILA AULIA PUTRI_1913040170_SKRIPSI FULL.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Dampak Praktik Debitur dan Rentenir Terhadap Pedagang di Pasar Serikat Pakan Selasa Nagari Kamang Hilia Kabupaten Agam dalam Perspektif Fikih Muamalah”. Ditulis oleh Salsabila Aulia Putri, Nim 1913040170, Fakultas Syariah Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan pedagang memanfaatkan jasa rentenir untuk memodali usaha dalam berdagang, padahal rentenir sudah jelas bertentangan dengan konsep Islam dan cenderung merugikan pedagang. Untuk itu penulis memunculkan dua buah pertanyaan penelitian, yaitu: Bagaimana dampak praktik rentenir terhadap pedagang di Pasar Serikat Pakan Selasa? dan faktor faktor yang menyebabkan pedagang di Pasar Serikat Pakan Selasa menggunakan jasa rentenir? Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dampak rentenir terhadap pedagang di Pasar Serikat Pakan Selasa di bagi menjadi dua yaitu dampak yang dirasakan pedagang sebelum menggunakan jasa rentenir dan sesudah menggunakan jasa rentenir. Dampak yang dirasakan pedagang sebelum menggunakan jasa rentenir adalah pedagang belum merasakan kesulitan ekonomi, belum merasakan terlilit utang, serta terjebak dalam praktik riba yang sudah sangat jelas dilarang dalam Islam. Selanjutnya dampak setelah menggunakan jasa rentenir yang dirasakan pedagang yaitu kesulitan ekonomi, ketergantungan pedagang terhadap rentenir, pedagang menjadi terjerat utang. Faktor-faktor yang menyebabkan pedagang di Pasar Serikat Pakan Selasa menggunakan jasa rentenir yaitu kebutuhan mendesak membuat pedagang terpaksa menggunakan jasa rentenir, interaksi sosial yang membuat pedagang terpengaruh oleh orang orang disekitarnya, serta pedagang yang terpengaruh dengan tawaran rentenir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rentenir, Pasar, dan Pedagang
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:18
Last Modified: 10 Oct 2023 03:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16679

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item