Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhap Keterampilan Bebricara Peserta Didik kelas II SD Negeri 05 Paninggahan KAB. Solok

Wulan, Aulia Putri (2023) Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhap Keterampilan Bebricara Peserta Didik kelas II SD Negeri 05 Paninggahan KAB. Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (BAB I)
BAB I Watermark.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Watermark.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text
BAB V-Dapus.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Full teks)
Skripsi Wulan Aulia Putri 1914070034 (watermark full).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang minatnya peserta didik untuk bercerita didepan kelas. Hal ini karena peserta didik masih belum lancar dalam bercerita, peserta didik masih terbata-bata seperti kebingungan dalam menyampaikan isi cerita, kedua peserta didik belum bisa menyimpulkan pesan dari isi cerita dan peserta didik masih belum dapat menunjukkan detail dari isi cerita. Kemudian dikarenakan dari pendidik juga tidak menggunakan media yang menarik yang membuat peserta didik untuk termotivasi dan semangat dalam bercerita di depan kelas. Hal ini terlihat dari pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media boneka tangan dalam pembelajaran bercerita. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu pertama, untuk mengetahui pengaruh media boneka tangan terhadap keterampilan bercerita peserta didik. Kedua, untuk mengetahui adanya perbedaan dengan menggunakan media boneka tangan dan tidak menggunakan media boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen (Quasi Experiment) dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design yang hanya dilakukan pada satu kelas yaitu kelas II SD Negeri 05 Paninggahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “N-Gain” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 20 dan Ms. Excel. Dari hasil penelitian menunjukkan penerapan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan bercerita peserta didik. Sebelum perlakuan ditemukan rata-rata pretest 58.00 dan kemampuan bercerita peserta didik 58.33. kemudian setelah perlakuan menggunakan media boneka tangan rata-rata posttest 82.66 dan rata-rata kemampuan bercerita peserta didik 82.00. berdasarkan hasil uji N-Gain score di peroleh 0.61 (g>0.7) pada kategori tinggi dengan persentase 61.77 cukup efektif. maka H1 ditolak H0 diterima. Artinya penerapan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik di kelas II SD Negeri 05 Paninggahan dibuktikan dengan adanya peningkatan cukup efektif nilai peserta didik pada posttest setelah menggunakan boneka tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sangsi adat, sejarah, lintau buo.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:59
Last Modified: 01 Feb 2024 05:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16666

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item