Kemampuan Suami Bersikap Adil Dalam Pernikahan Poligami (Studi Kasus di Kelurahan Air Molek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau)

Hidayat, Rahmad (2023) Kemampuan Suami Bersikap Adil Dalam Pernikahan Poligami (Studi Kasus di Kelurahan Air Molek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau). Skripsi thesis, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER .pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text
Bab III.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text
Full Skripsi Final .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Islam mengatur poligami dalam surah an-Nisa ayat 3 yang menganjurkan jika tidak mampu berlaku adil kepada istri-istrinya hendaklah menikahi seorang saja. Namun kenyataannya, suami yang berpoligami di Kelurahan Air Molek tidak dapat berlaku adil kepada istrinya dan cenderung berpihak ke salah satu istrinya. Permasalahan dalam skripsi ini, bagaimana kemampuan suami bersikap adil dalam pernikahan poligami di Kelurahan Air Molek. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi terjadinya pernikahan poligami. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan suami bersikap adil dalam pernikahan poligami. 3)Untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pernikahan poligami. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah bersifat penelitian lapangan field research. Dengan sumber data primer berupa hasil wawancara dengan suami yang berpoligami dan data sekunder berupa buku-buku, hasil penelitian dan karya ilmiah. Metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dirumuskan dalam bentuk kalimat. Teknik analisis data secara kualitatif, dengan menggunakan metode berpikir induktif. Adapun hasil penelitian poligami yang terjadi di Kelurahan Air Molek karena, 1) Faktor agama, ekonomi dan pendidikan merupakan faktor penyebab terjadinya poligami di Kelurahan Air Molek. 2) Suami yang berpoligami di Kelurahan Air Molek tidak dapat berlaku adil kepada istrinya. Suami cenderung memberi nafkah dan kasih sayang kepada istri yang berada di dekatnya. 3) Masyarakat berpandangan poligami boleh saja dilakukan jika suami memiliki ekonomi yang kuat dan mampu bersikap adil kepada istrinya. Kata Kunci: Poligami, Adil, Persepsi Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Poligami,Adil,Persepsi Masyarakat
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Poligami Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:16
Last Modified: 13 Oct 2023 09:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16642

Actions (login required)

View Item View Item