Pengembangan Modul Ajar Berbasis Nilai Keislaman pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV MIN Kota Bukittinggi

Fitri, Nuranisa (2023) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Nilai Keislaman pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV MIN Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
Cover, Abstrak dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (969kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (952kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (834kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya karakter peserta didik yang mencerminkan karakter religius atau Islami di madrasah, kemudian pendidik hanya fokus mengajar materi-materi ilmiah atau umum tanpa adanya keterkaitan materi yang dipelajari dengan nilai-nilai Islam pada Al-Qur’an dan hadis serta pendidik belum menggunakan media dan LKPD yang menarik untuk peserta didik. Diantara penyebabya adalah kurang tersedianya bahan ajar sebagai pedoman pendidik untuk mengajar dengan integrasi nilai keislaman serta menggunakan media yang menarik. Salah satu solusinya adalah dengan mengembangkan RPP atau pada kurikulum merdeka disebut modul ajar yaitu modul ajar berbasis nilai keislaman pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD/MI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan validitas dan praktikalitas dari modul ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap yaitu tahap analyze (analisis), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), tahap implementation (implementasi) dan tahap evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian yang diberikan kepada 3 orang ahli (validator) dengan menggunakan angket uji validitas ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Dan penilaian oleh 2 orang pendidik serta peserta didik dengan menggunakan angket uji praktikalitas. Hasil penelitian ini adalah modul ajar berbasis nilai keislaman pada mata pelajaran IPAS di kelas IV, dengan persentase kelayakan: 1) hasil validitas ahli media yaitu 100% dengan kategori sangat valid; 2) hasil validitas ahli materi yaitu 80% dengan kategori valid; 3) hasil validitas ahli bahasa yaitu 91,42% dengan kategori sangat valid dan dari keseluruhan validator memperoleh persentase 90,47% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk oleh: 1) dua orang pendidik yaitu 95% dengan kategori sangat praktis; 2) peserta didik yaitu 86,96% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data, maka modul ajar berbasis nilai keislaman sudah valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Ajar, Nilai Keislaman, IPAS
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:59
Last Modified: 31 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16639

Actions (login required)

View Item View Item