Komunikasi Persuasif Ustadz Das`ad Latif dalam Penyampaian Dakwah di Media Sosial YouTube

Sholeh, Abdul (2023) Komunikasi Persuasif Ustadz Das`ad Latif dalam Penyampaian Dakwah di Media Sosial YouTube. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (cover, original,persetujuan pembimbing,pengesahan,abstrak,pengantar,daftar isi)
ABDUL SHOLEH-1812010114_COVER,ORISINAL SKRIPSI,PERSETUJUAN PEMBIMBING,PENGESAHAN,ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (bab 1)
ABDUL SHOLEH _1812010114_BAB I.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (bab II)
ABDUL SHOLEH _1812010114_BAB II.pdf - Published Version

Download (489kB)
[img] Text (BAB III)
ABDUL SHOLEH _1812010114_BAB III.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (BAB V, Daftar pustaka)
ABDUL SHOLEH_1812010114_BAB V.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (FULL TEKS)
ABDUL_SHOLEH_1812010114_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Komunikasi Persuasif Ustadz Das`ad Latif dalam Penyampaian Dakwah di Media Sosial Youtube” disusun oleh Abdul Sholeh, 1812010114 Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwa dan Ilmu Komunikasi, UIN Imam Bonjol Padang, tahun 2023. Dengan munculnya fenomena da`i selebritas atau da`i populer saat ini tidak terlepas dari pengaruh era modren yang ditandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyebaran informasi berlangsung begitu cepat, maka tantangan dakwah akan semakin kompleks dan rumit. Oleh karena itu para da`i dituntut memiliki kepandaian dan kreatifitas sehingga materi dakwah menjadi mudah diterima dan dipahami oleh masyarakat. Secara umum, Proses komunikasi membutuhkan transfer informasi yang efektif, salah satunya adalah penggunaan komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif merupakan proses komunikasi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita sebagai manusia. Oleh karena itu kebutuhan inforamasi mutlak diperlukan. Media sosial merupakan salah satu sarana yang digunakan dalam komunikasi, termasuk komunikasi persuasif. Salah satu media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah YouTube, sehingga tidak jarang banyak da’i yang menggunakan YouTube untuk menyampaikan dakwahnya. Salah satu daiyang memanfaatkannya adalah ustadz Das'ad Latif yang menggunakan channel youtubenya untuk menyampaikan dakwahnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan analisis isi (content analysis). Sebagai proses analisis, digunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik komunikasi persuasif yang digunakan ustadz Das`ad Latif meliputi teknik asosiasi menggambarkan pesan dakwah dengan peristiwa yang menarik perhatian, teknik integrasi menggambarkan pesan dakwah yang menyatukan diri dengan mad`u, teknik ganjaran berupa pesan dakwah yang memiliki unsur menjanjikan harapan dan ancaman tertentu, teknik tataan yang mempersuasi dengan menyampaikan pesan secara runtut dan mudah dipahami, teknik red hearring dengan menyampaikan argument-argument ke arah yang lebih dikuasai. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Dakwah, Media Sosial Youtube

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Dakwah, Media Sosial Youtube
Subjects: U Umum (General) > Agama > Agama Islam
U Umum (General) > Ilmu Sosial
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 10 Oct 2023 09:07
Last Modified: 10 Oct 2023 09:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16595

Actions (login required)

View Item View Item