Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Komitmen Organisasi Anggota Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ibnu Khaldun Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat di Kota Padang

Wiransyah, Egi (2023) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Komitmen Organisasi Anggota Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ibnu Khaldun Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat di Kota Padang. Skripsi thesis, Univeristas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (bab 1)
Egi Wiransyah 1815040047 bab 1.pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text (bab 3)
Egiwiransyah 1815040047 bab 3.pdf - Published Version

Download (708kB)
[img] Text (bab 5 dan dafpus)
Egi Wiransyah 1815040047 bab 5.pdf - Published Version

Download (544kB)
[img] Text (Cover)
Cover Egi Wiransyah.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
Full Text Egi Wiransyah new.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Komitmen organisasi pada anggota dapat membantu untuk meningkatkan kestabilan dalam organisasi dan dapat membantu untuk mencapai visi misi organisasi itu sendiri. Jika komitmen pada diri anggota organisasi rendah, maka akan berdampak turn over, kurangnya minat dalam bekerja, sering tidak hadir dalam kegiatan kegiatan organisasi, rendahnya kualitas kerja dan akan menunjukkan kurang minat untuk bertahan dalam organisasi. Efikasi diri merupakan salah satu faktor yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan komitmen organisasi. Terkhusus di Pimpinan Komisariat IMM Ibnu Khaldun penyebab anggota komisariat rendah komitmennya untuk organisasi dikarenakan kurang percaya akan kemampuan diri sendiri dalam menjalankan tugas (efikasi diri). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat efikasi diri anggota komisariat IMM Ibnu Khaldun. (2) Tingkat komitmen organisasi anggota komisariat IMM Ibnu Khaldun. (3) Apakah efikasi diri memengaruhi komitmen organisasi anggota komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ibnu Khaldun. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi sederhana. Populasi peneltian ini sebanyak 250 orang dan subjek sebanyak 151 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri berada pada kategori tinggi dengan presentase 84,1% dan tingkat komitmen organisasi berada pada kategori tinggi dengan presentase 84,1%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa efikasi diri memengaruhi komitmen organisasi anggota komisariat IMM Ibnu Khaldun secara signifikan dan dengan kontribusi sebesar 64%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Organisasi, Efakasi Diri, IMM Ibnu Khaldun
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Organisasi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:48
Last Modified: 08 Dec 2023 02:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item View Item