Pratek Kerja Sama Pengolahan Ikan Kering di Kampung Air Pilah Nagari Pulau Rajo Inderapura Kecamatan Air Pura Kabupaten Pesisir Selatan Ditinjau Dari Fiqh Muamalah

Novinda, Novinda (2023) Pratek Kerja Sama Pengolahan Ikan Kering di Kampung Air Pilah Nagari Pulau Rajo Inderapura Kecamatan Air Pura Kabupaten Pesisir Selatan Ditinjau Dari Fiqh Muamalah. Skripsi thesis, Fakultas Syariah.

[img] Text (Cover)
Cover Novinda.pdf - Published Version

Download (708kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (832kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (670kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (Skripsi Full Text Novinda)
Skripsi Full Text Novinda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Praktek Kerja Sama Pengolahan Ikan Kering di Kampung Air Pilah Nagari Pulau Rajo Inderapura Kecamatan Air Pura Kabupaten Pesisir Selatan Ditinjau dari Fiqh Muamalah” di susun oleh Novinda Nim 1913040180 Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah. Penelitian ini latarbelakangi oleh adanya pengelola melakukan penjualan ikan kering tanpa meminta izin dari pemilik modal. Hasil dari penjualan ikan kering hanya untuk dirinya sendiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Praktek Kerja Sama Pengolahan Ikan Kering di Kampung Air Pilah Nagari Pulau Rajo Inderapura Kecamatan Air-Pura Kabupaten Pesisir Selatan? Berdasarkan pertanyaan penelitian adalah: (1) Bagaiamana Pelaksanaan Kerja Sama Pengolahan Ikan Kering di Kampung Air Pilah Nagari Pulau Rajo Inderapura Kecamatan Air-Pura Kabupaten Pesisir Selatan?, (2) Bagaiamana Latar Belakang Praktek Kerja Sama Pengolahan Ikan Kering?, (3) Bagaimana Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Praktek Kerja Sama Pengolahan Ikan Kering? Untuk menjawab pertanyaan ini penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode Field Resear penelitian langsung ke lapangan. Hal itu untuk mengumpulkan data dan informasi yang sesuai dengan pembahasan penulis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan mengamati gejala yang diteliti dalam hal ini panca indera manusia diperlukan untuk menangkap gejala yang diamati. Sedangkan wawancara dilakukan proses tanya jawab langsung dengan responden untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Untuk mengelola data yang penulis dapatkan di gunakan metode ananlisis deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan data tanpa menggunakan hitungan, melainkan hanya usaha penalaran, analisis, dan tanggapan terhadap fakta yang terjadi di lapangan. Setelah penulis menganalisis berdasarkan rumusan masalah dan pertanyaan penelitian, maka penulis berkesimpulan bahwa: (1) Pelaksanaan kerja sama adanya pemilik modal dan pengelola. Mereka berkontribusi memberi modal dengan jumlah yang berbeda. (2) Latar belakang praktek kerja sama pengolahan ikan kering. Pertama adanya faktor internal, meliputi: faktor ekonomi, faktor pendidikan, faktor keagamaan. Kedua faktor eksternal, meliputi: faktor kesempatan, faktor kebiasaan. (3) Tinjauan fiqh muamalah. Dari segi konsep kerja sama yaitu syirkah inan. Dari segi ketentuan umum syirkah sudah memenuhi rukun dan syarat. Dari segi prinsip-prinsip syirkah terdapat unsur yang tidak terpenuhi yaitu tidak transparansi dalam kejujuran dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: syirkah, pengolahan ikan kering
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:12
Last Modified: 13 Oct 2023 07:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item