HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA RELAWAN DI MUHAMMADIYAH DISASTER MANAJEMENCENTER (MDMC) KOTA PADANG

Anjas, Anjas (2023) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA RELAWAN DI MUHAMMADIYAH DISASTER MANAJEMENCENTER (MDMC) KOTA PADANG. Skripsi thesis, Fakultas udhuluddin dan studi agama.

[img] Text (bab 1)
Anjas.NIM 1815040125.Bab 1.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (bab 3)
Anjas.NIM 1815040125.Bab 3.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (bab 5 - dapus)
Anjas.NIM 1815040125.Bab 5-Dapus.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (cover)
full text anjas-cover.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text (full text)
full text anjas.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku prososial pada beberapa relawan MDMC di Kota Padang. Berdasarkan hasil data awal yang penulis dapatkan bahwa ada relawan yang memiliki perilaku prososial rendah padahal individu tersebut memiliki religiusitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan perilaku prososial pada relawan MDMC di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh relawan MDMC di Kota Padang yang berjumlah 95 orang. Sampel pada penelitian ini adalah 95 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis total sampling. Kemudian diukur menggunakan skala religiusitas dan skala perilaku prososial. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisi korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif Antara religiusitas dengan perilaku prososial. Hasil analisis kategori religiusitas dan perilaku prososial berada pada kategori tinggi. Hasil uji korelasi dari pearson product moment menunjukkan korelasi sebesar 0.982 dan sig = 0.000, yang berarti ada hubungan positif antara kedua variabel. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas relawan maka semakin tinggi pula tingkat perilaku prososial mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Religiusitas, Prososial
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:15
Last Modified: 13 Dec 2023 04:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16549

Actions (login required)

View Item View Item