Pembredayaan Usaha Kelompok Rumah Mandiri (UKRM) Dalam Meningkatkan Kesejahteran Ekonomi Masyarakat Di Korong Apar Kabupaten Padang Pariaman

Putri, Yulia Eka (2023) Pembredayaan Usaha Kelompok Rumah Mandiri (UKRM) Dalam Meningkatkan Kesejahteran Ekonomi Masyarakat Di Korong Apar Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Pengesahan, persetujuan pembimbing, kata pengantar, daftar isi, OK.pdf

Download (663kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I OKK.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB V -Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (388kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat Korong Apar yang rata-rata bekerja sebagai petani dengan penghidupan antara rata-rata menengah ke bawah, dan tidak memiliki ketrampilan selain bertani. Usaha Kelompok Rumah Mandiri (UKRM) merupakan lembaga yang berada di bawah non pemerintah yaitu NGO Korea memiliki program meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Salah satu penerima manfaat program ini adalah Korong Apar Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pertama tahap pembentukan yang dilakukan oleh Usaha Kelompok Rumah Mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Korong Apar Kabupaten Padang Pariaman. Kedua tahap pembinaan yang dilakukan oleh Usaha Kelompok Rumah Mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Korong Apar Kabupaten Padang Pariaman. Ketiga tahap pemandirian yang dilakukan oleh Usaha Kelompok Rumah Mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Korong Apar Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan informan sebanyak 15 orang yang terdiri dari pengurus UKRM, anggota UKRM serta masyarakat Korong Apar Kabupaten Padang Pariaman. Informan di ambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang terkumpul melalui hasil wawancara dan observasi dianalisis dengan menggunakan pendapat Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, tahap pembentukan yang dilakukan adalah membentuk karakter dan membangun kesadaran masyarakat dengan mendorong dan motivasi masyarakat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Kedua, tahap pembinaan diadakannya pelatihan untuk mengasah kemampuan masyarakat dengan praktek langsung dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan. Ketiga, tahap pemandirian yaitu sudah bisa mengelola dan mengembangkan usaha, mendesain, cara pemasaran dengan menarik dengan memanfaatkan media sosial dan pendapatan masyarakat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Kesejahteraan, Ekonomi
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:48
Last Modified: 10 Oct 2023 03:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16545

Actions (login required)

View Item View Item