PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA (FISIKA) SISWA DI MTSN 2 PASAMAN BARAT KABUPATEN PASAMAN BARAT

Prof. Dr. H. Duski Samad, M.Ag, Duski and Raudhatul Jannah, M. Si, Nana and Dr. Hj. Prima Aswirna, S.Si, M.Sc, Prima and Hurriyah, S. Si, MT, Hurriyah (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA (FISIKA) SISWA DI MTSN 2 PASAMAN BARAT KABUPATEN PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text
COVER, PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Yulianis, NIM 1314080222, Penerapan Model Pembelajaran Kooperaatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Pemahaman Konsep IPA (Fisika) Siswa di MTsN 2 Pasaman Barat Kabupaten Pasaman Barat, Skripsi. JurusanTadris IPA konsentrasi Fisika Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, Hal ini terlihat pada saat pembelajaran tidak semua peserta didik ikut berpatisipasi dalam diskusi, sebagian besar tugas yang diberikan oleh pendidik hanya dikerjakan atau didiskusikan oleh beberapa anggota kelompok, sedangkan yang lain hanya mengandalkan dan kurang peduli atau bertanggung jawab dengan kerja kelompoknya. Meskipun ada beberapa anggota kelompok yang serius berdiskusi dalam kelompoknya, tetapi diskusi dan kerja kelompok tersebut menyimpang dari topik yang telah ditetapkan. Akibatnya tidak semua anggota kelompok memahami dan menguasai tugas yang telah dikerjakan kelompoknya. kemudian pembelajaran yang dilaksanakan guru masih menggunakan model konvensional. Berdasarkan latar belakang tersebut, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika peserta didik dengan menerapkan model Think-Pair-Share lebih baik dari pemahaman konsep fisika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VII MTsN 2 Pasaman Barat Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen, dengan rancangan penelitian randomized control group only design .Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN 2 Pasaman Barat tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Diperoleh kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII_2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pemahaman konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 10 soal untuk penilaian aspek kognitif. Lembar observasi untuk penilaian aspek afektif dan psikomotor Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 16.Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah uji kesamaan satu arah dengan menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Hasil penelitian diperoleh nilai , thitung =4,872 dan ttabel = 1,667 pada taraf nyata 0,05. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. artinya “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep IPA Fisika peserta didik lebih baik daripada penerapan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep IPA Fisika peserta didik kelas VII MTsN 2 Pasaman Barat “.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 01:26
Last Modified: 20 Jul 2018 01:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1650

Actions (login required)

View Item View Item