Strategi Pemasaran Tabungan Haji dan Umrah Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BTN KCS Padang

HARIYANTI, EVI (2023) Strategi Pemasaran Tabungan Haji dan Umrah Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BTN KCS Padang. TA thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (TA EVI HARIYANTI FULLTEXT)
TA EVI HARIYANTI FULLTEXT.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (TA EVI HARIYANTI COVER)
TA EVI HARIYANTI COVER.pdf - Updated Version

Download (883kB)
[img] Text (TA EVI HARIYANTI BAB 1)
TA EVI HARIYANTI BAB 1.pdf - Updated Version

Download (354kB)
[img] Text (TA EVI HARIYANTI BAB 3)
TA EVI HARIYANTI BAB 3.pdf - Updated Version

Download (275kB)
[img] Text (TA EVI HARIYANTI BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA)
TA EVI HARIYANTI BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bank-bank syariah yang berlomba-lomba membuat berbagai macam produk tabungan, di antaranya produk tabungan haji dan umrah, karena semakin meningkatnya bank yang melihat peluang itu kemudian membuat produk tabungan yang sama sehingga persaingan semakin ketat. Maka diperlukan strategi pemasaran khusus untuk menarik minat nasabah. Karena itu peneliti tertarik untuk megetahui strategi pemasaran tabungan haji dan umrah pada BTN KCS Padang untuk meningkatkan jumlah nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran tabungan haji dan umrah untuk meningkatkan jumlah nasabah pada BTN KCS Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode ini dilakukan guna mendapatkan data melalui peninjauan langsung kelapangan (field research) dengan melakukan wawancara dan juga mengumpulkan document yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa BTN KCS Padang telah menciptakan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan jumlah nasabah, khususnya calon jamaah haji dan umrah. Dengan menggabungkan keempat elemen yaitu product mix, price mix, place mix, dan promotion, mereka berhasil memenuhi kebutuhan nasabah dengan penetapan harga yang terjangkau, lokasi yang strategis, dan promosi yang mengutamakan penjualan personal, Sehingga BTN KCS Padang telah mampu memenuhi kebutuhan calon jamaah haji dan umrah sehingga mendukung peningkatan jumlah nasabahnya. Adapun bentuk strategi pemasaran yang digunakan yaitu melalui brosur, cross selling dan kerja sama beberapa perusahaan.

Item Type: Thesis (TA)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:40
Last Modified: 10 Oct 2023 03:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item View Item