Dampak Pembiayaan Murabahah pada PNM Mekaar Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Rumahan. (Studi Pada Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman)

Murni, Sri Arifah (2023) Dampak Pembiayaan Murabahah pada PNM Mekaar Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Rumahan. (Studi Pada Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Abstrak, Pengesahan.)
Skripsi Sri Arifah Murni_1916010109 (Cover, Abstrak, Pengesahan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
Skripsi Sri Arifah Murni_1916010109_Bab 1.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (Bab III)
Skripsi Sri Arifah Murni. 1916010109_Bab III.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (Bab V dan Daftar Pustaka)
Skripsi Sri Arifah Murni_1916010109_Bab V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (777kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi FULL Sri Arifah Murni_1916010109 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kebijakan Industri Keuangan untuk mengatasi kemiskinan yaitu dengan memberikan pinjaman modal dengan pembiayaan murabahah dari PNM Mekaar Syariah kepada pelaku usaha atau nasabah yang memiliki usaha agar menambah tingkat pendapatan pelaku usaha. PNM Mekaar Syariah diharapkan dapat membantu kemiskinan yang ada di tengah masyarakat terutama di kecamatan sungai limau kabupaten padang pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak sebelum dan sesudah adanya program pembiayaan murabahah pada PNM Mekaar Syariah terhadap tingakt pendapatan usaha rumahan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Difference-in�Difference (DiD). Metode ini merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengevaluasi dampak dari suatu program, Metode DID membutuhkan 2 group, yaitu treatment group dan control group serta minimal 2 periode observasi sebelum-sesudah perlakuan, dan dibantu dengan variabel-variabel kontrol dengan menggunakan perangkat STATA versi 17. Sampel dalam penelitian ini adalah pelaku usaha yang mendapatkan pembiayaan murabahah sebagai kelompok perlakuan dan pelaku usaha yang tidak mendapatkan pembiayaan murabahah sebagai kelompok kontrol di kecamatan sungai limau yang berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana dampak pembiayaan murabahah sebelum dan sesudah terhadap peningkatan pendapatan usaha rumahan? Hasil penelitian ini yaitu Nilaii signifikansi untuk model Difference inDifference (DiD) yaitu waktu di kali intervention setelah ditambahkan variabel kontrol adalah sebesar 0,0.04< 0,1 dengan nilai koefisien sebesar 1269000, maka waktu di kali interversi berdampak positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan usaha rumahan di kecamatan sungai limau. Artinya pembiayaan murabahah berdampak nyata terhadap peningkatan pendapatan usaha rumahan. maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Murabahah, Usaha Rumahan, Home Industry, PNM Mekaar Syariah.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:24
Last Modified: 12 Oct 2023 01:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16466

Actions (login required)

View Item View Item