ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) SYARIAH NOMOR 102 TENTANG AKAD MURABAHAH (KPN Syariah Kementrian Agama Kabupaten Tanah Datar)

Hikma, Monicha Abriti (2023) ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) SYARIAH NOMOR 102 TENTANG AKAD MURABAHAH (KPN Syariah Kementrian Agama Kabupaten Tanah Datar). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (FULL TEXT)
full text monic.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (COVER)
cover-1_merged (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V ok.pdf - Published Version

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini dilihat dari fenomena yang terdapat pada objek penelitian, yaitu Syariah Kemenag Tanah Datar belum menerapkan PSAK 102 tentang pembiayaan murabahah secara keseluruhan. Seharusnya, KPN Syariah Kemenag Tanah Datar sebagai lembaga pembiayaan keuangan syariah menerapkan PSAK 102 secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian Penerapan Akuntansi Syariah Beradasarkan PSAK 102 tentang Pembiayaan Murabahah Pada KPN Syariah Kemenag Tanah Datar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan mengumpulkan data laporan keuangan tahun 2022. serta analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembiayaan murabahah di KPN Syariah Kemenag Tanah Datar belum sepenuhnya menerapkan PSAK 102, dikarenakan masih terdapat akad murabahah yang belum dilaksanakan dengan baik seperti akad pembiayaan murabahah yang dilakukan KPN Syariah Kemenag Tanah Datar yang memberikan uang tidak dengan barang. Selanjutnya yang terdapat pada KPN Syariah Kemenag Tanah Datar yaitu pihak KPN tidak memiliki gudang penyimpanan barang untuk pelaksanaan akad murabahah tanpa pesanan. KPN Syariah Kemenag Tanah Datar hanya menjalankan akad murabahah dengan akad wakalah yaitu pembelian barang diwakilkan kepada nasabah dan juga penyajiannya belum sesuai dengan PSAK 102 karena tidak adanya account contra seperti margin murabahah yang ditangguhkan. Pada pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan yang dilakukan di KSPPS Belakang Tangsi belum sepenuhnya diterapkan sesuai dengan PSAK 102.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 04:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/16451

Actions (login required)

View Item View Item